Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, May 2, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Hadapi Teknologi AI, Sekjen Kemnaker: Perlu Tingkatkan Keterampilan SDM

Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi beberkan butuh SDM unggul untuk hadapi teknologi AI.Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi beberkan butuh SDM unggul untuk hadapi teknologi AI. (dok. Kemnaker)

Topcraeer.id – Perkembangan teknologi yang pesat, khususnya Artificial Intelligence (teknologi AI) ibarat dua mata pisau, di mana satu sisi memberikan manfaat di sektor lapangan kerja, tapi di sisi lainnya menjadi tantangan tersendiri.

Hal itu seperti yang dikatakan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan (Sekjen Kemnaker), Anwar Sanusi dalam Forum Sinergi UGM Kagama, Minggu (1/10/2023).

Sekjen Anwar Sanusi menyampaikan bahwa selain memberikan manfaat di sektor ketenagakerjaan, teknologi Artificial Intelligence (AI) juga menjadi tantangan tersendiri dalam menyiapkan SDM Indonesia yang unggul untuk cepat beradaptasi terhadap perkembangan Artificial Intelligence (AI).

“Untuk itu, diperlukan upskilling dan reskilling untuk meningkatkan keterampilan SDM dalam menghadapi perkembangan AI,” kata Sekjen Anwar melalui siaran pers, dikutip Senin (2/10/2023).

Baca juga: Kemnaker Terus Evaluasi Tata Kelola Penempatan Pekerja Migran

Anwar membeberkan, AI dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas, sementara di sisi lain dapat menggantikan beberapa pekerjaan yang dulunya dilakukan oleh manusia. Hal Ini dapat menyebabkan pengurangan tenaga kerja di beberapa sektor.

“Namun, teknologi AI juga membuka peluang baru untuk pekerjaan di sektor teknologi, seperti data analyst, data scientist, dan machine learning engineer,” ujarnya.

Anwar menambahkan, meskipun AI dapat menggantikan beberapa pekerjaan manusia, tetapi membuka peluang baru di sektor teknologi.

“Oleh sebab itu, perusahaan harus mengembangkan keterampilan baru untuk bersaing di era digital yang semakin maju,” tutupnya.

Leave a Reply