Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, May 1, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Kemenag Gelar Sayembara Desain Batik Haji Indonesia, Hadiah Rp78 Juta

Sayembara Desain Batik Haji IndonesiaSayembara Desain Batik Haji Indonesia

Topcareer.id – Kementerian Agama (Kemenag) mengundang para desainer, perancang busana, dan semua pihak yang berminat untuk mengikuti Sayembara Desain Batik Haji Indonesia. Pendaftaran sayembara ini dibuka sejak 28 Agustus hingga 5 September 2023 dengan hadiah untuk pemenang utama hingga Rp78 juta.

Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama, Hilmam Latief menyampaikan bahwa motif seragam batik yang dikenakan jemaah Indonesia pada operasional haji 1444 H/2023 M, sudah digunakan sejak 2011.

“Kami memandang perlu dilakukan penyegaran dengan motif baru yang lebih inovatif, serta mencerminkan kultur, budaya, dan identitas Indonesia,” kata Dirjen PHU Hilman dikutip dari laman resmi Kemenag, Senin (28/8/2023).

“Sayembara dimaksudkan untuk mengajak keterlibatan publik dalam membuat desain batik jemaah haji Indonesia,” ujar dia.
Proses pendaftaran Sayembara Desain Batik Haji Indonesia akan dibuka secara online melalui aplikasi Pusaka Kemenag yang bisa diunduh melalui playstore, appstore, atau tautan pusaka.kemenag.go.id.

“Pemenang sayembara, akan diumumkan pada 2 Oktober 2023, bertepatan dengan Hari Batik Nasional. Seragam batik yang baru ini diharapkan sudah bisa digunakan pada musim haji 1445 H/2024 M,” imbuhnya.

Baca juga: Program Merck Young Scientist Award Kembali Dibuka, Cek Link Daftarnya

Ketentuan Mendaftar

Direktur Layanan Haji dalam Negeri Saiful Mujab mejelaskan, peserta harus meng-upload seluruh dokumen saat melakukan pendaftaran. Dokumen yang di-upload bisa dalam bentuk pdf atau jpg.

“Salah satu dokumen yang harus di-upload adalah konsep desain batik. Panitia akan melakukan seleksi administrasi atas dokumen yang telah diisi dalam proses pendaftaran. Hanya peserta yang lolos seleksi administrasi yang akan masuk tahap penjurian,” tambah Saiful.

Menurut Saiful Mujab, penjurian akan dilakukan dalam dua tahap. Penjurian tahap pertama dilakukan untuk menilai konsep desain batik yang ditawarkan. Dari sini, dewan juri akan memilih 10 desain terbaik untuk masuk finalis.

“Sepuluh finalis harus mewujudkan konsep desain seragam haji Indonesia dalam bentuk busana laki-laki (kemeja/jaket/blazer) dan untuk wanita (tunik/outer wear) menggunakan kain batik cap dengan bahan katun terbaik,” ujar Saiful Mujab.

“Penjurian tahap kedua akan menentukan satu pemenang utama dan sembilan finalis,” tandasnya.

Leave a Reply