Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, February 28, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

UGM Buka Program Studi Baru, Magister Elektronika dan Instrumentasi

Universitas Gadjah Mada (UGM)Universitas Gadjah Mada (UGM).

Topcareer.id – Mulai semester ganjil tahun ajaraan 2023/2024, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UGM resmi membuka program studi magister baru, yakni Magister Elektronika dan Instrumentasi (Elins) di bawah Depatemen Ilu Komputer dan Elektronika.

Dekan FMIPA UGM, Prof. Kuwat Triyana mengungkapkan bahwa keputusan untuk membuka prodi baru ini sebagai upaya menanggapi permintaan industri dan juga alumni.

Ia menjelaskan, Magister Elektronika dan Instrumentasi adalah program studi yang mencakup pembangunan dan pengembangan telaah-telaah arus lemah dalam pengembangan cyber-physical system, sistem tertanam, dan robotika untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan dunia nyata.

Ia optimis program studi Elektronika dan Instrumentasi ini bisa terus berkembang karena saat ini permintaan ahli di bidang cyber-physical system, sistem tertanam, dan robotika terus meningkat.

Diharapkan Magister Elektronika dan Instrumentasi ke depan dapat memberikan kontribusi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa di bidang ini dengan lulusan-lulusan master yang unggul.

“Selain itu juga bisa menghasilkan karya penelitian maupun pengabdian yang memberikan pengaruh dan manfaat yang besar bagi bangsa dan negara,” kata dia dikutip dari rilis berita di laman resmi UGM, Jumat (10/11/2023).

Baca juga: UGM Buka Program Wirausaha Merdeka, Mahasiswa Manapun Boleh Ikutan

Ketua Departemen Ilmu Komputer dan Elektronika FMIPA UGM, Wahyono menyampaikan bahwa elektronika dan instrumentasi sudah menjadi salah satu program studi sarjana pada Departemen Ilmu Komputer dan Elektronika. Karenanya bidang ilmu dan riset mengenai elektronika dan instrumentasi bukan sesuatu yang baru lagi.

“Sejauh ini kami sudah memiliki 3 Profesor di bidang elektronika dan instrumentasi, 1 Profesor di bidang Ilmu Komputer dan Elektronika, dan 1 Profesor di bidang Ilmu Komputer dan Jaringan. Total terdapat 14 Doktor yang yang mendukung program studi ini,” ucap Wahyono.

Ia menjelaskan bahwa pendirian program studi Magister Elektronika dan Instrumentasi didukung oleh kerja sama baik di level nasional maupun internasional.

Sementara Ketua Program Studi Magister Elektronika dan Instrumentasi, Prof. Ahmad Ashari, menambahkan prodi ini menerima baik mahasiswa yang reguler, by Research, dan juga membuka kelas akhir pekan (Sabtu).

Penerimaan mahasiswa baru prodi Magister Elektronika dan Instrumentasi pada semester genap tahun ajaran 2023/2024 dibagi dalam dua gelombang. Gelombang 1 telah berlangsung pada 25 Oktober-7 November 2023.

Pendaftaran gelombang 2 akan dibuka pada 19 Desember 2023-2 Januari 2024. Informasi lebih lanjut bisa diakses di http://mei.mipa.ugm.ac.id atau http://um.ugm.ac.id.

Leave a Reply