Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 27, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Cara Beli Tiket Kereta Api Buat Libur Natal dan Tahun Baru

Cara beli tiket kereta api lewat Access by KAI.Cara beli tiket kereta api lewat Access by KAI. ( dok. KAI)

Topcareer.id – Per Senin (13/11/2023), PT Kereta Api Indonesia (KAI) mencatat tiket kereta api untuk periode libur Natal dan Tahun Baru masih tersedia. Pemesanan tiket kereta bisa dilakukan di berbagai channel penjualan tiket KAI. Salah satu saluran yang memudahkan, yakni melalui aplikasi Access by KAI.

VP Public Relation KAI, Joni Martinus menyampaikan bahwa berbagai keunggulan yang tidak ada di aplikasi lain dapat dijumpai pada Access by KAI seperti Connecting Train (opsi perjalanan dengan mengombinasikan jadwal kereta yang bersifat persambungan jika tiket yang diinginkan sudah habis) serta perubahan jadwal atau pembatalan tiket.

“Aplikasi Access by KAI yang kami luncurkan pada 10 Agustus 2023 lalu merupakan revamp atau peningkatan kinerja aplikasi pemesanan tiket KA yang sebelumnya bernama KAI Access,” kata Joni melalui siaran pers, dikutip Selasa (14/11/2023).

“Access by KAI kami hadirkan untuk semakin mempermudah pelanggan dalam mengakses layanan digital yang lebih andal. Sehingga memudahkan pelanggan dalam memesan tiket khususnya pada Peak Season seperti Angkutan Natal dan Tahun Baru,” tambahnya.

Cara pembelian tiket kereta api melalui Access by KAI sangat mudah. Pelanggan terlebih dahulu mengunduh aplikasinya melalui Google Play Store atau App Store.

Saat ini, pelanggan dapat memesan tiket kereta api jarak jauh mulai H-45 hingga 1 jam sebelum keberangkatan. Dalam satu kali transaksi, pelanggan dapat memesan maksimal 10 tiket dalam 1 kode booking (di luar tiket infant).

Berikut tahapan pembelian tiket melalui Access by KAI:

Baca juga: Tiket Kereta Periode Nataru Masih Tersedia, Sudah Terjual 102.603 Kursi

1. Login dengan nomor ponsel atau akun Google.
2. Pilih jenis kereta yang ingin Anda beli tiketnya. Terdapat pilihan Antar Kota, Lokal, Commuter Line, LRT Jabodebek, KA Bandara, serta Kereta Cepat Whoosh.
3. Pilih tujuan keberangkatan dan kedatangan.
4. Pilih tanggal keberangkatan. Anda juga bisa membeli tiket pergi pulang dengan mengaktifkan tombolnya di samping tanggal keberangkatan, lalu masukkan tanggal pulang di bagian bawahnya.
5. Masukkan jumlah penumpang.
6. Tekan tombol Cari Tiket Antar Kota.
7. Pilih kereta yang Anda inginkan. Sebagai catatan, Anda dapat juga memilih tanggal lain selain yang dipilih sebelumnya dengan menekan baris tanggal di bagian atas layar.
8. Isi data penumpang.
9. Pilih kursi yang diinginkan.
10. Pastikan data penumpang dan pembayaran telah terisi dengan benar.
11. Lanjutkan dengan membayar tiket yang ingin dipesan.

Sebanyak 174.063 tiket kereta api jarak jauh atau 16% dari tiket yang disediakan telah terjual untuk periode 21-28 Desember 2023. Adapun KAI menetapkan Angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) berlangsung pada 21 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024.

“Jumlah tersebut masih akan terus bertambah karena penjualan masih berlangsung. KAI berharap masyarakat dapat segera memesan tiket karena tiket KA masa Nataru masih cukup banyak tersedia,” ujar Joni.

Leave a Reply