Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 27, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

KAI Ingatkan Agar Tak Sebarluaskan Kode Booking Tiket Kereta ke Medsos

Aktivitas penukaran kode booking tiket kereta di Loket BoxAktivitas penukaran kode booking tiket kereta di Loket Box. (dok. KAI)

Topcareer.id – Bagi calon penumpang kereta api yang sudah memiliki kode booking tiket diharap agar tidak menyebarluaskan informasi dalam tiket tersebut, termasuk kode booking. Jika disebarluaskan melalui sosial media dikhawatirkan akan menimbulkan kasus yang viral Senin lalu di Cimahi.

Pada Senin (13/11/2023), viral di media sosial tentang seseorang yang dinarasikan “membatalkan tiket” orang lain tanpa sepengethuan pemilik tiket tersebut, melalui Loket Box di Stasiun Cimahi.

PT Kereta Api Indonesia lantas memberi keterangan bahwa menurut beberapa informasi yang didapat, disinyalir pemilik tiket tersebut telah membagikan kode booking-nya di salah satu grup percakapan, sehingga disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

VP Public Relations KAI Joni Martinus menjelaskan, tiket tersebut bukan dibatalkan, tetapi di-reschedule (diubah jadwal perjalanannya). Tiket tersebut awalnya, tercatat KA Harina relasi Bandung – Surabaya Pasar Turi dengan keberangkatan pada tanggal 13 November 2023.

Kemudian dilakukan reschedule oleh orang yang tidak bertanggung jawab menjadi KA Ciremai relasi Cimahi – Semarang Tawang Bank Jateng dengan keberangkatan pada tanggal 14 November 2023. Sehingga pemilik tiket tersebut ditolak di gate boarding, karena tanggal dan KA di tiketnya tidak sesuai.

“Kami mengimbau kode booking tiket kereta api yang didapat setelah proses pembayaran, agar tidak dibagikan kepada orang lain secara sembarangan,” kata Joni melalui siaran pers dikutip Rabu (15/11/2023).

“Sebab kode booking merupakan suatu privasi yang sangat vital untuk digunakan saat proses boarding, apabila akan melakukan pembatalan, ataupun perubahan jadwal,” lanjut Joni.

Baca juga: Cara Beli Tiket Kereta Api Buat Libur Natal Dan Tahun Baru

Menurut Joni, jika kode booking tersebut diketahui oleh orang lain, maka dapat berpotensi disalahgunakan seperti pada unggahan yang viral di media sosial tersebut.

KAI menyayangkan atas tindakan ini, sehingga merugikan pemilik tiket yang seharusnya berangkat menggunakan KA Harina dari Bandung menuju Semarang Tawang Bank Jateng.

KAI menegaskan bahwa ketentuan dalam melakukan pembatalan ataupun perubahan jadwal sudah memperhatikan dengan tingkat keamanan dan kemudahan pelanggan. Saat ini, pihak KAI terus menyediliki terduga pelaku yang tertangkap CCTV sebagai orang mengakses proses tiket di Loket Box Stasiun Cimahi.

Adapun tahapan dari proses perubahan jadwal tiket kereta api di Loket Box sebagai berikut:

1. Pilih tombol Ubah Jadwal perjalanan tiket KA
2. Masukkan kode booking yang akan diubah jadwal
3. Masukkan relasi baru
4. Pilih tanggal keberangkatan baru

Sedangkan tahapan proses pembatalan tiket kereta api di Loket Box sebagai berikut:

1. Pilih tombol Pembatalan tiket KA
2. Masukkan kode booking dan nomor ID penumpang
3. Pilih nama penumpang yang akan dibatalkan
4. Isi data pengembalian dana
5. Metode refund dilakukan secara transfer

Leave a Reply