Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, March 4, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips KarierTren

Datang Terlambat Saat Wawancara Kerja? Begini Menanganinya

Berwirausaha atau membuka bisnis sendiri bisa jadi cara yang bagus untuk memiliki financial freedom (kebebasan finansial).Dok. Fashioners

Topcareer.id – Ketika kamu sudah mempersiapkan semuanya untuk wawancara kerja, namun kadang ada saja kesalahan yang membuat kesan pertamamu hancur. Terlambat hadir ke wawancara kerja salah satu hal yang bisa merusak kesan pertamamu.

Namun, bukan berarti kamu membiarkan satu kesalahan itu membuatmu keluar dari keseluruhan permainan. Perekrut professional, Teresa Freeman dan Farah Shargi berbagi bagaimana menangani dan memulihkan situasi saat kamu terlambat datang wawancara kerja.

Freeman mengatakan, hal pertama yang harus dilakukan adalah memberi tahu kontakmu, apakah itu perekrut atau manajer perekrutan, segera setelah kamu tahu bahwa kamu terlambat dari jadwal, dan beri tahu mereka perkiraan waktu kedatanganmu yang baru.

“Semakin kamu dapat mengontrol narasi tersebut, semakin baik,” kata Freeman, yang memiliki pengalaman selama 25 tahun sebagai eksekutif SDM di perusahaan seperti Amazon, PwC, dan Deloitte, dikutip dari laman CNBC Make It.

Beri dirimu beberapa menit waktu jeda tambahan jika kamu bisa untuk berkumpul di luar gedung atau lobi. Freeman menambahkan, kamu mungkin penuh adrenalin dan merasa kurang bersemangat saat tiba di sana.

Baca juga: Menyebut Kelemahan Bisa Naikkan Potensi Lolos Wawancara Kerja?

“Jadi berikan dirimu setidaknya satu atau dua menit untuk menarik napas dalam-dalam sebelum duduk agar kamu bisa fokus,” ujar Freeman.

Begitu kamu tiba, minta maaf dan akui kenyataan bahwa terlambat adalah ketidaknyamanan.

Kamu dapat mengatakan sesuatu seperti: “Saya benar-benar minta maaf, ada keadaan khusus yang menunda kedatangan saya. Namun saya tahu waktu Anda sangat berharga, dan sangat penting bagi saya untuk menyampaikan betapa tertariknya saya pada peluang ini. Dan saya sangat menghargai waktunya.”

Freeman melanjutkan, coba untuk bersikap menyesal dan tulus, namun juga singkat.

“Biasanya kamu hanya punya waktu 30 menit hingga satu jam, jadi kamu tidak ingin menghabiskan terlalu banyak waktu memikirkan fakta bahwa kamu terlambat. Maju terus dan beri tahu orang itu bahwa kamu benar-benar ingin berada di sana.”

Leave a Reply