Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Tuesday, February 27, 2024
redaksi@topcareer.id
LifestyleTren

Dosen UM Surabaya Jelaskan Alasan Banyak Penyakit Saat Musim Hujan

Musim hujan identik dengan kewaspadaan banyak penyakit.Musim hujan identik dengan kewaspadaan banyak penyakit. (Pexels)

Topcareer.id – Musim hujan kadang identik dengan kewaspadaan akan penyakit-penyakit menular seperti flu hingga DBD. Ada beberapa faktor penyebab mengapa musim hujan identik bisa menimbulkan berbagai penyakit.

Seperti dijelaskan oleh Dosen Teknologi Laboratorium Medis (TLM) Program Sarjana Terapan Universitas Muhammadiyah (UM) Surabaya, Vella Rohmayani, hal ini terjadi karena kondisi cuaca maupun lingkungan saat musim hujan sangat mendukung percepatan pertumbuhan agen penyakit.

“Kondisi hujan membuat kelembaban udara tinggi, sehingga lingkungan menjadi ideal untuk mikroorganisme. Mengingat bakteri, virus dan parasite dapat bertahan hidup lebih lama dan dapat berkembang biak dengan baik saat kelembaban udara tinggi,” kata Vella Rohmayani dalam keterangannya, dikutip dari laman resmi UM Surabaya, Jumt (8/12/2023).

Dalam paparannya, ia menjelaskan bahwa musim hujan sering menciptakan banyak genangan air baru dan tempat penampungan air lainnya. Sehingga menjadi tempat perindukan bagi nyamuk yang berperan sebagai vektor penular penyakit DBD, malaria, chikungunya, kaki gajah serta penyakit lainnya.

Baca juga: Waspadai 3 Penyakit Ini Saat Musim Hujan

“Terjadinya hujan deras juga dapat mengakibatkan penurunan kualitas air minum karena pencemaran dan kontaminasi air akibat mikroorganisme yang bisa mengakibatkan berbagai penyakit terutama infeksi pada saluran pencernaan,” ujar Vella.

Lebih lanjut Vella menyampaikan, musim hujan sering kali dibarengi dengan kondisi langit mendung yang menyebabkan minimnya sinar matahari.

Hal ini, lanjut dia, membuat sumber vitamin D alami dari sinar matahari tidak bisa didapatkan secara maksimal sehingga menurunkan sistem kekebalan tubuh dan membuat tubuh menjadi lebih rentan terinfeksi bakteri, virus maupun parasite.

“Oleh sebab itu saat musim hujan tiba pastikan selalu menjaga kebersihan tubuh, mengkonsumsi makanan sehat dan konsumsi vitamin, sehingga daya tahan tubuh tetap stabil dan dapat meminimalisir risiko terjadinya infeksi mikroorganisme saat musim hujan,” pungkasnya.

Leave a Reply