Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, May 8, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Bahaya Keseringan Konsumsi Minuman Bersoda

Ilustrasi minuman bersoda. (Dok/Easy CO2)Ilustrasi minuman bersoda. (Dok/Easy CO2)

Topcareer.id – Saat cuaca panas, lalu minum minuman bersoda pasti akan sangat menyegarkan. Namun, baiknya jangan terlalu sering konsumsi minuman bersoda karena efeknya bisa merugikan bagi tubuh hingga merusak kesehatan.

Seperti yang dikatakan oleh Afifa Husna, Dosen Teknologi Pangan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), kesegaran minuman soda berasal dari kandungan gas karbon dioksida (CO2). Gas ini menciptakan gelembung yang memberikan sensasi kesegaran saat diminum.

“Namun, kesegaran ini sebaiknya tidak menggantikan konsumsi air putih yang tetap menjadi pilihan terbaik untuk menjaga hidrasi tubuh,” kata Afifa dalam rilis berita di laman resmi UMM, dikutip Rabu (13/12/2023).

Afifa lebih lanjut menyampaikan bahwa tak hanya mengandung gas CO2, minuman bersoda juga mengandung gula yang sangat tinggi. Bahkan, jumlah gula dalam minuman soda sering kali melebihi batas harian yang direkomendasikan oleh ahli kesehatan.

“Kandungan gula yang tinggi ini memberikan rasa manis dan kenikmatan pada minuman. Namun di balik itu, terdapat risiko serius terkait kesehatan tubuh,” ujarnya.

Menurut Afifa, kandungan gula yang tinggi dapat memaksa pankreas untuk menghasilkan lebih banyak insulin guna menghilangkan glukosa dari aliran darah.

Baca juga: Minuman Bersoda Lebih Berpotensi Bikin Diabetes

Hal ini, kata dia, meningkatkan risiko resistensi insulin yang merupakan pemicu utama diabetes. Tak hanya itu, minuman satu ini juga dapat menurunkan kepadatan tulang.

“Kandungan gula yang tinggi dapat mengurangi densitas tulang, membuatnya lebih rentan terhadap kerapuhan. Sehingga dapat meningkatkan risiko osteoporosis,” jelas dia.

Bahkan yang lebih parah, lanjut Afifa, tingginya kadar gula dalam darah dapat mengakibatkan darah menjadi kental. Hal itulah yang menyebabkan penyumbatan pembuluh darah di otak yang berpotensi memicu stroke. Sementara itu, penyumbatan pembuluh darah di jantung berisiko serangan jantung.

“Dan bukan hanya sampai di situ, kandungan gula dalam minuman bersoda juga dapat menyebabkan kerusakan pada penglihatan, sistem syaraf, dan membawa berbagai masalah kesehatan lainnya. Banyak masalah kesehatan serius yang bisa ditimbulkan oleh minuman bersoda,” imbuhnya.

Dengan demikian, sambil tetap menikmati kesegaran minuman bersoda, penting bagi masyarakat untuk menyadari potensi dan risiko kesehatan yang terkandung di dalamnya.

Leave a Reply