Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, March 4, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Rekayasa Lalin Malam Tahun Baru di Jakarta, Cek Jalur-Jalur yang Ditutup

Ilustrasi Dishub DKI Jakarta akan berlakukan rekayasa lali lintas saat malam tahun baru.Ilustrasi Dishub DKI Jakarta akan berlakukan rekayasa lali lintas saat malam tahun baru. (dok. BeritaJakarta)

Topcareer.id – Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta bakal melakukan rekayasa lalu lintas pada perayaan Malam Tahun Baru 2024 yang digelar di sepanjang Jalan M.H. Thamrin-Jenderal Sudirman, bertajuk “Malam Muda-Mudi Jakarta Kota Global.”

Acara yang digelar pada 31 Desember 2023 malam itu mengusung konsep Car Free Night (CFN) di sepanjang Jalan M.H. Thamrin-Jalan Jenderal Sudirman, mulai pukul 19.00-01.00 WIB, dikecualikan khusus untuk parade mobil hias Jakarnaval dan petugas pengatur lalu lintas.

Kepala Dishub Provinsi DKI Jakarta Syafrin Liputo menyampaikan bahwa, parade Jakarnaval akan dimulai di titik awal pada pukul 21.30 WIB dan diperkirakan tiba di titik akhir pada pukul 23.00 WIB, dengan rute start dari Panggung Jakarnaval di Pintu Barat Daya Monas/Patung Kuda-Jalan M.H. Thamrin-Jalan Jenderal Sudirman.

Lalu parade berputar di Bundaran Patung Pemuda Membangun hingga kembali ke utara Jalan Jenderal Sudirman-finish di FX Sudirman melalui Jalan Pintu Satu Senayan.

Untuk itu, Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi DKI Jakarta menerapkan rekayasa lalu lintas berupa penutupan ruas jalan di 26 titik dan rute alternatif pengalihan arus lalu lintas, mulai pukul 19.00-01.00 WIB.

“Kami menerapkan penutupan dan pengalihan arus lalu lintas pada Malam Muda Mudi Jakarta Kota Global,” kata Syafrin dalam keterangan tertulis, dikutip Jumat (29/12/2023).

“Kami juga sangat mengimbau kepada warga untuk menggunakan angkutan umum saat menuju lokasi – lokasi kegiatan acara,” tambah dia.

Syafrin pun menjabarkan, berikut ruas jalan dan akses menuju ruas jalan yang akan ditutup:

Baca juga: Ancol Gelar Acara Malam Tahun Baru, Noah Hingga Rhoma Irama Hadir

Jalan Jenderal Sudirman (mulai dari Bundaran Senayan sampai dengan Bundaran HI), Jalan M.H. Thamrin (mulai dari Bundaran HI sampai dengan Bundaran Patung Kuda), Jalan Pintu 1 Senayan, Jalur Lambat Kupingan Semanggi (Gatot Subroto) sisi Barat, Jalan Bendungan Hilir, Jalan KH. Mas Mansyur, Jalan Karet Pasar Baru Timur 5, Jalan Kupingan BNI 46, Jalan Kota Bumi dan Jalan Baturaja, Jalan Teluk Betung, dan Jalan Kebon Kacang.

Kemudian, Jalan Sunda, Jalan Imam Bonjol, Jalan Sumenep Tosari, Landmark (Indocement), Jalan Setiabudi, Jalan Prof. Dr. Satrio, Jalan Masjid (Sampoerna), Jalan Garnisun dan Kolong Semanggi, Jalur lambat kupingan Semangggi (Gatot Subroto) sisi Timur, SCBD, Jalan Tulodong Atas 2/Samping CIMB, Simpang Jalan Budi Kemuliaan dan Jalan Medan Merdeka Selatan, Jalan Kebon Sirih dari Arah Barat/ untuk arah timur tutup di Simpang Agus Salim, Jalan K.H Wahid Hasyim, dan Jalan Majapahit.

Sementara itu, rute alternatif pengalihan arus lalu lintas akan diberlakukan sebagai berikut:

  1. Lalu lintas dari Selatan ke Utara dialihkan melalui Jalan Hang Lekir I-Jalan Hang Tuah-Jalan Hang Lekir IV-Jalan Hang Lekir II-Jalan Hang Lekir I-Jalan Asia Afrika-Jalan Gerbang Pemuda-Jalan Gatot Subroto-Jalan K.S. Tubun-Jalan K.H. Mas Mansyur-Jalan Cideng-dst. Atau dapat melalui Jalan H.R. Rasuna Said-Jalan Prof. Dr. Satrio-Jalan K.H. Mas Mansyur-dst, maupun pada arah sebaliknya (Utara ke Selatan);
  2. Lalu lintas dari Utara ke Selatan dialihkan melalui Jalan Ir. H. Juanda-Jalan Pos-Jalan Gedung Kesenian-Jalan Lapangan Utara-Jalan Lapangan Banteng Barat-Jalan Pejambon-Jalan M.I. Ridwan Rais ke arah Jalan H.R. Rasuna Said-dst. Atau dapat melalui Jalan Gunung Sahari-Jalan Kramat Raya-Jalan Salemba-Jalan Proklamasi-Jalan Tambak-Jalan Prof. Dr. Sahardjo-dst;
  3. Lalu lintas dari Timur ke Barat dapat melalui Jalan M.I. Ridwan Rais-Jalan Medan Merdeka Timur-Jalan Medan Merdeka Utara-Jalan Abdul Muis-dst. Sementara, lalu lintas sebaliknya dari arah Barat ke Timur dapat melalui Jalan Abdul Muis-Jalan Majapahit sisi Barat-Jalan Ir. Haji Juanda-Jalan Pos-dst. Atau dapat melalui Jalan Galunggung-Jalan R.M. Margono Djojohadikoesoemo-Jalan Penjernihan 1-dst.

Tersedia 24 titik lokasi parkir untuk kegiatan perayaan Malam Tahun Baru 2024 di sekitar tempat acara, dengan kapasitas 17.493 sepeda motor, 21.914 mobil, dan 192 bus. Sejumlah titik kantong parkir tersebut, yaitu IRTI Monas, Kantor Pertamina Pusat, Wisma Nusantara dan Hotel Nikko, Wisma Mandiri, Wisma 46, Intiland Tower, Gelora Bung Karno, Plaza Senayan, FX Sudirman, dan lain-lain.

Leave a Reply