Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Monday, March 4, 2024
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Tips Tetap Kerja Normal Meski Sedang Putus Cinta

Ilustrasi cara kerja tetap normal meski sedang putus cinta atau patah hati.Ilustrasi cara kerja tetap normal meski sedang putus cinta atau patah hati. (Pexels)

Topcareer.id – Nggak ada orang yang menginginkan patah hati atau putus cinta karena ini merupakan hal yang bisa mengguncang kehidupan. Ketika putus cinta, hari-hari akan tampak suram. Sementara, di sisi lain, kamu harus profesional tetap melakukan pekerjaan. Bagaimana mengatasinya?

“Itu adalah kehilangan, dan aturan untuk berduka berlaku, artinya jangan meremehkan kesedihanmu. Jangan menyalahkan diri sendiri karena memiliki perasaan. Tapi jangan biarkan itu mendorong atau mendikte semua yang kamu lakukan,” kata Tanisha Ranger, psikolog klinis yang berbasis di Nevada, mengutip HuffPost.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan ketika putus cinta tapi hari-harimu di tempat kerja tetap bisa dilalui dengan mudah.

1. Rencanakan hal-hal yang diharapkan sepanjang hari kerja

Saran dari Psikoterapis, Shannon Garcia, memperlakukan diri dengan momen-momen kecil yang menyenangkan dapat membuat perbedaan besar setelah putus cinta. Luangkan waktu sejenak untuk secara sadar melakukan sesuatu yang baik untuk diri sendiri saat kamu sedang bekerja.

“Minum kopi atau teh favoritmu dalam perjalanan ke kantor. Buat item makan siang favoritmu atau putuskan kamu memesan makan siang dari tempat pilihanmu. Kenakan sweater nyaman atau pakaian yang meningkatkan kepercayaan dirimu,” kata dia.

2. Jika meman merasa sulit, lakukan tugas gampang terlebih dahulu

Jika mengambil cuti untuk kesehatan mental adalah sebuah pilihan. Tetapi ketika kamu harus kembali bekerja, santai saja.

Menurut Garcia, mungkin sulit untuk berkonsentrasi di tempat kerja, terutama dalam beberapa hari pertama setelah putus cinta. Itu sebabnya dia merekomendasikan untuk memilih tugas yang dapat kamu selesaikan yang tidak terlalu sulit untuk diselesaikan.

“Mungkin mengosongkan kotak masuk atau tugas entri data. Mudahkan hari kerjamu dengan memilih tugas yang membutuhkan lebih sedikit beban mental. Sesuatu yang relatif tidak ada artinya, tetapi produktif,” kata Garcia.

3. Prioritaskan tidur

Perasaanmu dibentuk oleh seberapa baik kamu beristirahat. Perpisahan dapat menguras fisik dan mental. Salah satu cara untuk menunjukkan belas kasih kepada diri sendiri selama masa sulit ini adalah dengan tidur nyenyak.

Baca juga: Waspada! 5 Tanda Red Flag Perusahaan Nggak Ada Work Life Balance

“Pastikan kamu mendapatkan tidur yang cukup agar bangun dengan istirahat yang cukup,” kata Katheryn Perez, terapis pernikahan dan keluarga di Burbank, California.

4. Beristirahatlah di luar meja kerja atau tempat kerja

Para ahli merekomendasikan berjalan kaki singkat selama hari kerja. “Jika kamu dapat meninggalkan gedung (kantor), silakan tinggalkan gedung itu. Bahkan pergilah ke mobilmu dan nyalakan musik. Lakukan sesuatu yang terasa menyehatkan,” kata Ranger.

5. Jika kamu merasa nyaman, beri tahu atasanmu bahwa kamu sedang menghadapi masalah pribadi

Jika kamu ingin membatasi seberapa banyak yang diketahui atasan tentang hal pribadimu, kamu juga dapat membuat situasimu tetap samar. Misalnya, kamu dapat memberi tahu atasan, “Saya mengalami beberapa masalah dalam kehidupan pribadi saya yang membuat saya sangat stres,” kata Ranger.

6. Buat daftar apa yang penting dan tidak

Ranger menyebut bahwa setelah putus cinta, orang dapat mengalami “gejala vegetatif depresi,” dapat mencakup banyak tidur dan memiliki energi rendah atau motivasi rendah.

Jika kamu menemukan dirimu dalam keadaan ini, dan bahkan memilih tugas kerja dengan beban rendah terasa terlalu berat untuk ditanggung, mulailah dengan pencapaian yang lebih mendasar.

Ranger merekomendasikan untuk membuat daftar hal-hal penting mutlak yang perlu kamu lakukan untuk menjalani hari kerja, mulai dari menyikat gigi dan minum air hingga sarapan.

Leave a Reply