Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, February 29, 2024
redaksi@topcareer.id
Info BeasiswaTren

Beasiswa IISMA Dibuka dengan 3.000 Kuota, Pendaftaran Hingga 19 Februari

Ilustrasi beasiswa IISMA.Ilustrasi beasiswa IISMA.

Topcareer.id – Program beasiswa International Student Mobility Awards (IISMA) 2024 dibuka dengan kuota yang meningkat menjadi 3.000 lebih mahasiswa atau naik 15% dari kuota tahun lalu. Bagi yang belum mendaftar, bisa segera melakukan pendaftaran sebelum 19 Februari 2024.

Kepala Program IISMA, Rachmat Sriwijaya menyampaikan bahwa untuk program IISMA 2024 ini diharapkan bisa menggaet hingga 3.000 peserta, jika sebelumnya hanya seribuan peserta.

“Kalau pada tahun 2023 baru sebanyak 1.984 peserta, maka pada tahun 2024 diharapkan dapat memberangkatkan sebanyak 3.000 peserta,” kata Rachmat dikutip dari siaran pers, Senin (12/2/2024).

Pada tahun 2021, IISMA berhasil memberangkatkan 1.000 awardees. Lalu, pada tahun 2022 mengalami peningkatan menjadi 1.562 awardees dan bahkan mencapai angka 1.984 awardee pada tahun 2023.

Melihat antusiasme yang luar biasa dari para mahasiswa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengambil keputusan untuk meningkatkan kuota menjadi lebih dari 3.000 penerima beasiswa pada tahun ini.

Rachmat juga memaparkan tujuan peningkatan kuota ini adalah untuk memperluas cakupan kepesertaan mahasiswa, tidak hanya dari perguruan tinggi yang sudah mapan tetapi juga meluas ke berbagai perguruan tinggi negeri maupun swasta di seluruh wilayah Indonesia.

Selain jalur reguler, pendaftaran beasiswa IISMA memiliki jalur afirmasi, yakni skema beasiswa penuh dari Kemendikbudristek untuk mahasiswa yang berasal dari wilayah tertinggal sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 63 Tahun 2020 tentang Penetapan Daerah Tertinggal Tahun 2020-2024 atau mahasiswa penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah, atau mahasiswa penerima beasiswa Bidikmisi.

Baca juga: Cek! 3 Skema Pembukaan Seleksi Beasiswa IISMA

“Jika anda masuk ke dalam golongan afirmasi ini, kami mendorong anda ikut program ini dengan harapan nantinya semakin banyak mahasiswa afirmasi yang ikut ke dalam program IISMA,” ujar Rachmat.

Menanggapi pertanyaan tentang alasan peningkatan kuota, Rachmat menekankan pentingnya mendukung mahasiswa di luar Pulau Jawa.

“Kami sadar bahwa potensi kecerdasan dan bakat mahasiswa Indonesia tersebar di seluruh negeri. Dengan menambah kuota penerima beasiswa, kami ingin menciptakan peluang yang adil bagi mahasiswa dari segala penjuru Indonesia untuk mengakses pendidikan tinggi dan meraih prestasi maksimal,” imbuhnya.

Melalui peluncuran portal pendaftaran di laman IISMA, Rachmat berharap dapat menjembatani tingginya animo mahasiswa yang ingin mendaftar menjadi awardee hingga saat penutupan pendaftaran nantinya.

Para mahasiswa yang tertarik untuk mendaftar dan menjadi bagian dari IISMA dapat mengunjungi situs web resmi IISMA untuk informasi lebih lanjut dan panduan pendaftaran di https://iisma.kemdikbud.go.id/.

Leave a Reply