Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Wednesday, April 17, 2024
redaksi@topcareer.id
Info BeasiswaTren

Siap-Siap! Pendaftaran Beasiswa Unggulan Segera Dibuka April-Mei

Ilustrasi pendaftaran beasiswa unggulan Kemendikbudristek segera dibuka - graduate. (Pixabay)Ilustrasi pendaftaran beasiswa unggulan Kemendikbudristek segera dibuka - graduate. (Pixabay)

Topcareer.id – Pendaftaran Beasiswa Unggulan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) 2024 segera dibuka pada April-Mei mendatang. Beasiswa ini tersedia untuk jenjang pendidikan S1, S2, dan S3.

Ketua Tim Kerja Beasiswa Pendidikan Tinggi, Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Kemendikbudristek Septian Prima Diassari mengatakan bahwa tahun ini Puslapdik menyediakan kuota penerima Beasiswa Unggulan sebanyak 1.000–2.000 mahasiswa di jenjang S1 sampai dengan S3.

“Peserta harus melalui dua tahap seleksi yakni seleksi administrasi dan wawancara,” kata Septian, dikutip dari laman Indonesia.go.id, Selasa (19/3/2024).

Pendaftaran beasiswa tersebut dilakukan secara daring melalui laman beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id.
Untuk diketahui, program Beasiswa Unggulan menawarkan tiga jenis beasiswa, yakni:

1. Beasiswa Masyarakat Berprestasi: Beasiswa Unggulan yang diberikan bagi masyarakat yang memiliki kemampuan intelektual, emosional, spiritual untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang S1, S2, dan S3;

2. Beasiswa Pegawai Kementerian: Beasiswa yang diberikan bagi pegawai Kemendikbudristek untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang S2 dan S3;

3. Beasiswa Unggulan Penyandang Disabilitas: Beasiswa khusus penyandang disabilitas untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang S2 dan S3.

Sementara, berikut ini persyaratan terkait untuk mendaftar Beasiswa Unggulan:

Baca juga: Polteknaker Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru, Dapat Beasiswa 100%

Syarat Umum

1. Diutamakan memiliki sertifikat yang membuktikan prestasi akademik/nonakademik tingkat internasional atau nasional;
2. Mendapat rekomendasi dari institusi terkait;
3. Tidak sedang menerima beasiswa yang sejenis dari sumber lain;
4. Belum pernah menempuh pendidikan pada jenjang yang sama;
5. Diterima di perguruan tinggi dalam negeri yang telah terakreditasi paling rendah B dan pada program studi terakreditasi paling rendah B atau perguruan tinggi luar negeri yang diakui Kemendikbudristek;
6. Beasiswa hanya diperuntukkan untuk kelas reguler;
7. Berkomitmen untuk mempertahankan IPK minimal 3,00 pada program S1, sedangkan IPK 3,25 pada program S2 dan S3.
8. Memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang dibuktikan dengan sertifikat untuk tujuan perguruan tinggi luar negeri dengan skor minimal; ITP/PBT 500, PTE Academic 34, TOEFL IBT 52, IELTS 5.0.

Syarat Khusus:

Sertifikat UKBI menjadi salah satu persyaratan bagi pendaftar Beasiswa Unggulan. Hal ini telah diterapkan Puslapdik bersama Badan Bahasa sejak 2022.

Sertifikat UKBI diterbitkan oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemendikbudristek. Syarat sertifikat UKBI berlaku bagi pendaftar tujuan perguruan tinggi dalam negeri maupun luar negeri.

Adapun berikut ini, tiga komponen beasiswa yang akan diterima untuk program Beasiswa Unggulan Masyarakat Berprestasi.
Biaya pendidikan;
Uang saku bulanan;
Biaya buku.

Leave a Reply