Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, May 23, 2024
redaksi@topcareer.id
LifestyleTren

Waspada! Ini 5 Tempat Paling Berkuman di Kantor

Ilustrasi tips mencantumkan riwayat pekerjaan sementara di resume - work.Ilustrasi tips mencantumkan riwayat pekerjaan sementara di resume - work. (Pexels)

Topcareer.id – Ngantor jadi kegiatan sehari-hari yang tanpa sadar membuat kita menyentuh barang-barang lazim namun nyatanya dipenuhi kuman. Mulai dari membuka pintu kantor, mengisi cangkir kopi dengan coffeemaker di pantry, hingga bersiap sejenak di kamar mandi, jadi tempat-tempat yang mungkin paling berkuman.

Di antara gagang pintu, teko kopi, pendingin air, meja kerja, pekerja kantoran bersentuhan dengan kuman yang taka da habisnya sepanjang hari.

Menurut dokter penyakit menular dan ahli epidemiologi rumah sakit di Tufts Medical Center, Gabriela Andujar Vazquez, bertemu dengan mikroba-mikroba ini bisa membuatmu terpapar segala hal, mulai dari RSV hingga flu biasa, juga E.Coli dan salmonella.

Melansir laman HuffPost, berikut bagian kantor yang paling buruk dan terkontaminasi:

1. Meja kerja

“Meja merupakan permukaan terbuka yang sering disentuh,” kata Jason Tetro, pembawa acara Super Awesome Science Show dan penulis “The Germ Code.”

Ia menambahkan, sekalipun sebuah meja bersifat pribadi, ada kemungkinan orang lain akan menyentuhnya suatu saat dan menyebarkan mikroba di sepanjang meja, seperti petugas kebersihan, seseorang yang mengantarkan berkas, atau atasanmu. Kamu perlu sesekali membersihkan meja dengan semprotan disinfektan.

2. Keyboard

Kamu menghabiskan hari Senin hingga Jumat untuk mengetik. “Lebih dari 3.000 organisme dapat ditemukan per inci persegi pada keyboard,” kata Dr. Ron Brown, seorang dokter medis darurat selama 20 tahun, mantan direktur medis EMS untuk Seminole County Florida.

Baca juga: Kasus Tuberkolosis Di RI Tinggi, Kemnaker Ajak Perusahaan Tanggulangi Di Kantor

3. Pegangan pintu

Kamu meraih pegangan pintu untuk memasuki kamar mandi. Bahkan melakukan hal yang sama saat masuk ke ruang istirahat, kantor atasan, lemari peralatan sepanjang hari.

“Sejauh ini, gagang pintu adalah tempat paling banyak kuman di kantor karena banyaknya tangan yang menyentuhnya setiap hari,” kata Dr. Dhaval Desai, dokter perawatan primer/rumah sakit di Rumah Sakit Emory.

4. Kamar mandi

“Untuk kamar mandi umum dan kamar mandi kantor, banyak yang menghabiskan lebih banyak waktu dan pekerjaan dibandingkan di rumah, yang berarti toilet banyak digunakan, dan sering kali perusahaan tidak membersihkannya sesering yang seharusnya,” kata Shanina C Knighton, seorang profesor peneliti di Sekolah Keperawatan Frances Payne Bolton di Case Western Reserve University.

Oleh karena itu, katanya, untuk meminimalkan penggunaan ponsel di toilet. Dan ya, cuci tangan setelahnya.

5. Tombol Lift

Penelitian terhadap tombol lift di rumah sakit menemukan bahwa jumlah bakteri yang terdapat pada tombol lift lebih tinggi dibandingkan pada dudukan toilet umum.

“Elevator sering ditemukan di perkantoran, bandara, hotel, gedung apartemen, dan lainnya, di mana ratusan orang setiap hari menyentuh tombol lift yang sama setelah mereka bersentuhan dengan jenis dan tingkat bakteri yang berbeda,” kata Brown.

Leave a Reply