Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Saturday, April 27, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Kasus Tuberkolosis di RI Tinggi, Kemnaker Ajak Perusahaan Tanggulangi di Kantor

Ilustrasi kasus tuberkolosis di Indonesia masih tinggi, perusahaan minta komitmen untuk menanggulangi. (Pexels)Ilustrasi kasus tuberkolosis di Indonesia masih tinggi, perusahaan minta komitmen untuk menanggulangi. (Pexels)

Topcareer.id – Indonesia saat ini masih memiliki jumlah kasus tuberkolosis yang besar, bahkan jadi yang ke-2 tertinggi di dunia. Untuk itu, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) mengajak perusahaan untuk berkomitmen tinggi dan berpartisipasi menanggulangi tuberkolosis di tempat kerja.

Kemnaker mengimbau perusahaan untuk mampu menciptakan kualitas tempat kerja yang sehat (higienis), membudayakan hidup bersih, memiliki ventilasi tempat kerja yang bagus, demi mencegah tuberkolosis.

“Kemnaker mengajak semua pihak termasuk perusahaan untuk meningkatkan implementasi K3 dengan mendorong tata kelola penanganan Tuberkolosis di tempat kerja yang inklusif dan partisipatif, sehingga dapat terwujudnya pekerja layak yang berbudaya K3 demi keberlanjutan dunia usaha,” kata Haiyani melalui siaran pers, Kamis (21/3/2024).

Lebih lanjut Haiyani menyampaikan bahwa Kemnaker memiliki komitmen yang tinggi dalam menanggulangi Tuberkolosis di tempat. Hal tersebut diwujudkan dengan dikeluarkannya Permenaker Nomor 13 Tahun 2022 tentang Penanggulangan Tuberkolosis di Tempat Kerja.

Baca juga: Kemnaker Berkomitmen Tinggi Tanggulangi Tuberkolosis Di Tempat Kerja

“Permenaker itu keluar sebagai bentuk keinginan kita mengeliminasi kasus tuberkolosis di tempat kerja pada 2030. Indonesia masih memiliki jumlah kasus Tuberkolosis yang besar, dengan peringkat beban kasus tuberkolosis ke-2 tertinggi di dunia,” ujar Haiyani.

Haiyani berharap melalui kegiatan Temu Palanggan 2024, selain pengetahuan juga akan memberikan pemahaman tentang pencegahan Tuberkolosis dan penerapan K3 secara keseluruhan kepada perusahaan.

“Saya ucapkan selamat kepada perusahaan yang telah mendapatkan penghargaan dalam kepatuhan melaksanakan pengujian lingkungan kerja dan pemeriksaan kesehatan kerja dalam rangka menerapkan progran perlindungan kepada pekerja,” kata dia dalam acara Temu Pelanggan 2024 bertema ‘Sinergitas Penanggulangan Tuberkolosis di Tempat Kerja untuk Menciptakan Produktivitas dalam Keberlangsungan Usaha.

Sedangkan Kepala Balai K3 Makassar, dr. Ventje Sri Setiyanto mengatakan Temu Pelanggan 2024 yang diikuti 126 perusahaan, bertujuan mengumpulkan masukan dari stakeholder untuk memberikan perlindungan kepada pekerja, dan menambah wawasan inspiratif dari narasumber tentang penanggulangan Tuberkolosis di tempat kerja.

Leave a Reply