Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Thursday, June 13, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Kulit Makin Cakep dengan Makanan Kaya Zat Ini

Kulit bersinar. Dok/Ask the ScientistKulit bersinar. Dok/Ask the Scientist

TopCareer.id – Makanan juga mempengaruhi kesehatan dan penampilan tubuh kita, termasuk terkait juga dengan kesehatan kulit.

Ada banyak makanan alami yang punya manfaat untuk meningkatkan kualitas kulit dan membuatnya jadi lebih cakep, serta membuat kamu jadi lebih wangi, misalnya makanan yang kaya karotenoid atau zat yang memberikan warna cerah pada berbagai buah dan sayuran.

Sebuah studi yang dimuat di PLoS One tahun 2012 mengaitkan karotenoid, dengan warna keemasan yang diberikannya pada kulit seseorang selama enam pekan, apabila dikonsumsi secara teratur, membuatnya jadi lebih terlihat menarik. Penulis studi pun mengklaim karotenoid dapat “digunakan sebagai alat motivasi dalam intervensi pola makanan.”

“Beberapa penelitian menunjukkan karotenoid dapat membantu kulit Anda dengan meningkatkan elastisitas, hidrasi, tekstur kulit, kerutan, dan bintik-bintik penuaan,” kata Mackenzie Burgess, seorang ahli gizi kepada The New York Post, dikutip Selasa (5/6/2024).

Adapun, beberapa buah-buahan dan sayuran yang mengandung karotenoid termasuk ubi jalar, wortel, sayuran berdaun gelap seperti bayam dan kangkung, jagung, tomat, semangka, jambu biji, atau jeruk bali.

Selain itu, karotenoid juga melindungi dari sinar ultraviolet yang berbahaya, bahkan sebuah penelitian menyebut ini bisa mengurangi bau badan. Studi tahun 2017 yang dimuat di Elsevier menemukan bahwa bau keringat jadi lebih jadi lebih sedap, pada mereka yang menjalani pola makan tinggi karotenoid.

Baca Juga: Kurang Tidur? Siap-Siap Ini Yang Akan Terjadi Pada Kulitmu

Riset ini mencatat, reaksi perempuan “lebih positif ketika mencium keringat dari laki-laki yang lebih banyak mengonsumsi buah dan sayur.”

“Antioksidan dan nutrisi tertentu dapat membantu menetralkan senyawa penyebab bau badan, sehingga menghasilkan bau keringat yang lebih sedap,” tambah Burgess. Dia juga mencatat bahwa fitonutrien dalam buah dan sayuran, dikenal juga sebagai antioksidan, dikaitkan dengan peningkatan suasana hati dan fungsi kognitif.

Zat kecantikan lain yang banyak ditemukan dalam daging dan lemak sehat adalah protein kolagen, yang dikenal dapat meningkatkan elastisitas kulit dan pertumbuhan otot, kulit, kuku, dan rambut. Burgess juga menyarankan untuk mencari makanan seperti salmon atau biji rami karena kaya akan asam lemak Omega, apabila menginginkan manfaat buat kulit.

“Omega-3 juga dapat membantu mendukung penghalang lipid kulit dengan mengunci hidrasi, dan efek anti-inflamasinya dapat membantu psoriasis, bisul kulit, dan keparahan jerawat,” pungkas Burgess.

Leave a Reply