Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, June 23, 2024
redaksi@topcareer.id
Info Beasiswa

Daftar Beasiswa LPDP Tanpa LoA, Bisakah?

LPDPLPDP

TopCareer.idLetter of acceptance atau LoA penting apabila seseorang ingin mendapatkan beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan atau LPDP Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

LoA atau surat keterangan diterima yang dibutuhkan untuk LPDP, dikeluarkan oleh kampus atau program studi tujuan sehingga persyaratan dan tata cara dapat dicari di kampus atau program studi pilihan. Sementara, LPDP adalah penyelenggara beasiswa S2 dan S3 yang membiayai ketika diterima kampus tujuan.

Meski begitu, bisakah seseorang mendapatkan beasiswa LPDP tanpa LoA?

Mengutip Indonesia.go.id, Senin (10/6/2024), LPDP menerima dua jalur pendaftaran beasiswa berdasarkan status kepemilikan LoA.

Bagi calon mahasiswa bisa mendaftar seleksi beasiswa LPDP dengan maupun tanpa LoA. Untuk yang sudah memiliki LoA alias sudah mendapat kampus terlebih dahulu, LPDP menerima LoA Unconditional alias LoA yang telah terbit tanpa adanya syarat kondisional yang perlu dilunasi lagi.

Apabila statusnya masih masih memegang LoA Conditional, seseorang tetap bisa mendaftar beasiswa LPDP jalur menggunakan LoA.

Baca Juga: Jadwal Pendaftaran Beasiswa LPDP 2024 Tahap 2

Namun tetap ada syarat-syarat yang wajib diketahui, yaitu bila yang belum terpenuhi dalam LoA Conditional itu adalah dokumen fisik ijazah dan transkrip nilai, sponsor pendanaan, dan syarat lain yang sekiranya tidak berisiko mengubah status sebagai calon mahasiswa terpilih.

Mendaftar seleksi beasiswa LPDP dengan LoA juga menghindarkan calon mahasiswa dari tahapan Seleksi Bakat Skolastik.

Dengan demikian, dari Seleksi Administrasi dan dinyatakan lolos bisa langsung ke tahap Seleksi Substansi atau proses wawancara terakhir yang akan menentukan pendaftar layak menerima beasiswa LPDP atau sebaliknya.

Ditegaskan juga bahwa tidak ada perbedaan atau prioritas antara mendaftar dengan LoA maupun non-LoA dalam menentukan kelulusan mendapatkan beasiswa LPDP.

Apabila pendaftar dinyatakan lulus dan layak menerima beasiswa LPDP, maka akan diberikan waktu selama 18 bulan untuk mencari LoA.

Syarat Daftar Beasiswa LPDP Tahap 2 Tanpa LoA

Berikut ini adalah syarat yang harus dipenuhi untuk mendaftar beasiswa LPDP Tahap 2 2024, yang akan dibuka pada 19 Juni 2024.

Pendaftar beasiswa LPDP tidak harus mendapatkan Letter of Acceptance Unconditional atau surat pernyataan diterima tanpa syarat oleh kampus tujuan atau LoA saja. Namun, peserta dengan LoA Unconditional dapat melewatkan tahap seleksi bakat skolastik.

Dokumen yang Perlu Dilengkapi:

Berikut ini dokumen pendaftaran Beasiswa LPDP Reguler yang bisa disiapkan menjelang pembukaan masa pendaftaran dan jadwal Beasiswa LPDP Tahap II 2024:

  • Hasil pindai ijazah S1 atau S2 (dari dokumen asli atau hasil legalisir) atau Surat Keterangan Lulus (SKL);
  • Jika tidak menyelesaikan studi pada jenjang yang sedang ditempuh, sertakan surat pemberhentian sebagai mahasiswa dari perguruan tinggi sebelumnya;
  • Hasil pindai transkrip nilai S1 atau S2, bukan transkrip profesi;
  • Dokumen penyetaraan ijazah dari Kemendikbudristek/Kemenag, atau tangkapan layar pengajuan penyetaraan ijazah jika merupakan lulusan luar negeri;
  • Dokumen konversi IPK dari Kemendikbudristek/Kemenag, atau tangkapan layar pengajuan konversi IPK jika tidak menggunakan skala 4;
  • Sertifikat bahasa asing yang disyaratkan dan masih berlaku:
  • Letter of Acceptance Unconditional yang masih berlaku (tidak wajib), sesuai dengan kampus dan prodi pilihan;
  • Surat rekomendasi dari akademisi atau tokoh masyarakat, terbit paling lambat satu tahun terakhir pada bulan yang sama dari tanggal pendaftaran;
  • Surat pernyataan pada aplikasi pendaftaran saat akan melakukan submit;
  • Surat usulan dari pejabat yang membidangi SDM sesuai ketentuan, khusus bagi pendaftar PNS/TNI/Polri;
  • Profil diri pada formulir pendaftaran online;
  • Komitmen kembali ke Indonesia, rencana pasca studi, dan rencana kontribusi di Indonesia dalam 1.500-2.000 kata;
  • Proposal penelitian 1.500-2.000 kata, khusus bagi pendaftar program doktor;
  • Publikasi ilmiah, prestasi kejuaraan atau nonkejuaraan, dan pengalaman organisasi.

Itulah syarat untuk daftar beasiswa LPDP Tahap II 2024 tanpa LoA.

Leave a Reply