Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, June 23, 2024
redaksi@topcareer.id
Tren

Apple Perkenalkan iOS 18, Ini Sederet Fiturnya

Apple perkenalkan sederet fitur di iOS 18 (Apple)

TopCareer.id – Apple secara resmi memperkenalkan sistem operasi terbarunya iOS 18, melalui gelaran Worldwide Developers Conference (WWDC) 2024 pada Selasa (11/6/2024) dini hari Waktu Indonesia Barat.

Salah satu yang menarik perhatian di iOS 18 adalah kehadiran fitur kecerdasan buatan Apple Intelligence yang akan hadir di iPhone dan perangkat Apple lain seperti iPad dan Mac.

“Ini adalah rilis besar dengan fitur luar biasa, termasuk tingkat penyesuaian dan kemampuan baru, aplikasi Foto yang didesain ulang, dan cara canggih untuk tetap terhubung dengan Pesan,” kata Craig Federighi, senior vice president of Software Engineering, Apple, seperti dikutip dari siaran pers.

Fitur-Fitur iOS 18

Tak cuma Apple Intelligence, berikut ini sederet fitur yang dihadirkan Apple di iOS 18:

Kustomisasi dan kemampuan baru Home Screen dan Control Center

Pengguna iPhone akan bisa mengatur aplikasi dan widget di ruang kosong di mana pun di layar utama, termasuk menempatkannya di atas dock, untuk memudahkan akses atau membingkai wallpaper. Ikon dan widget aplikasi juga dapat memiliki tampilan baru dengan efek gelap atau berwarna, dan pengguna dapat membuatnya tampak lebih besar.

Pusat Kontrol didesain ulang untuk akses lebih mudah ke kontrol yang sering digunakan, seperti pemutaran media, kontrol rumah, dan konektivitas. Pengguna juga bisa menambahkan kontrol dari aplikasi pihak ketiga, menyesuaikan tata letak dan ukuran kontrol, serta membuat grup baru.

Selain itu, tombol kontrol di bagian bawah Layar Kunci dapat disesuaikan atau dihapus sepenuhnya. Dengan tombol Action di iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max, pengguna dapat dengan cepat menjalankan tombol kontrol yang tersedia di galeri kontrol.

Photos

Photos mendapatkan desain ulang terbesar untuk membantu pengguna menemukan dan mengenang momen spesial. Tampilan sederhana dengan grid yang familiar memudahkan penelusuran berdasarkan tema tanpa perlu mengatur konten ke dalam album. Koleksi favorit bisa di-pin untuk akses yang mudah.

Tampilan carousel baru menampilkan sorotan harian dari orang-orang, hewan peliharaan, tempat, dan lainnya. Konten yang diputar otomatis membuat perpustakaan foto terasa hidup. Aplikasi ini bisa disesuaikan agar pengguna dapat mengatur dan menyematkan koleksi serta memasukkan hal-hal terpenting ke dalam tampilan carousel.

Pesan

iMessage menerima efek teks baru yang menghidupkan percakapan dengan memperkuat huruf, kata, frasa, atau emoji apa pun dengan tampilan animasi yang dinamis. Tapbacks juga diperluas untuk menyertakan emoji atau stiker apa pun, dan kini pengguna dapat menulis pesan dan menjadwalkan pengirimannya di lain waktu.

Saat mengirim pesan ke kontak yang tidak memiliki perangkat Apple, aplikasi Messages kini mendukung RCS untuk media yang lebih kaya dan perpesanan grup yang lebih andal dibandingkan SMS dan MMS.

iOS 18 juga memperkenalkan Pesan melalui satelit saat koneksi seluler dan Wi-Fi tidak tersedia. Pesan melalui satelit secara otomatis meminta pengguna untuk terhubung ke satelit terdekat langsung dari aplikasi Pesan, untuk mengirim dan menerima teks, emoji, dan Tapback melalui iMessage dan SMS.

Dengan Dynamic Island, pengguna bakal selalu tahu kapan mereka terhubung ke satelit. iMessage yang dikirim melalui satelit juga dienkripsi end-to-end.

Baca Juga: Nggak Tahan Lagi, Apple Juga Ikut Pangkas Sejumlah Kecil Karyawan

Mail

Mail akan memperkenalkan Kategorisasi untuk mengatur dan mengurutkan email masuk ke dalam tab Utama untuk email pribadi dan yang butuh respon segera, Transaksi untuk konfirmasi dan tanda terima, Pembaruan untuk berita dan pemberitahuan sosial, dan Promosi untuk email pemasaran dan kupon.

Mail juga dilengkapi tampilan intisari baru yang mengumpulkan semua email relevan dari suatu bisnis, memungkinkan pengguna memindai dengan cepat hal-hal penting dengan cepat.

Pembaruan besar pada Safari

Menggunakan machine learning, Safari dapat menampilkan informasi penting tentang sebuah laman web. Misalnya, pengguna dapat melihat ringkasan untuk mendapatkan inti artikel; melihat dengan cepat lokasi restoran, hotel, atau landmark; atau mendengarkan lagu artis langsung dari artikel tentang lagu atau album tersebut.

Reader juga didesain ulang untuk menawarkan lebih banyak cara menikmati artikel tanpa gangguan, dengan ringkasan dan daftar isi disertakan untuk artikel yang lebih panjang.

Aplikasi Password

Aplikasi Password ini dibangun berdasarkan Keychain. Guna aplikasi ini adalah untuk memudahkan pengguna untuk mengakses kata sandi, kunci sandi, kata sandi Wi-Fi, dan kode verifikasi mereka.

Aplikasi ini juga menyertakan peringatan bagi pengguna mengenai kelemahan umum seperti kata sandi yang mudah ditebak atau dipakai berkali-kali, serta kata sandi yang muncul dalam kebocoran data.

Fitur-fitur privasi baru

iOS 18 memberikan pengguna lebih banyak kontrol dengan alat untuk mengelola siapa yang dapat melihat aplikasi mereka, bagaimana kontak dibagikan, dan bagaimana iPhone terhubung dengan aksesori.

Aplikasi yang dikunci dan disembunyikan memberikan ketenangan kepada pengguna bahwa informasi pribadi, seperti notifikasi dan konten aplikasi, tidak akan terlihat oleh orang lain.

Pengguna dapat mengunci atau menyembunyikan aplikasi, memindahkannya ke folder tersembunyi yang terkunci. Saat aplikasi dikunci atau disembunyikan, konten di dalamnya tidak akan muncul di pencarian, notifikasi, atau tempat lain di sistem.

iOS 18 juga memungkinkan pengguna berbagi kontak spesifik dengan aplikasi tertentu. Selain itu, pengembang kini memiliki cara untuk menghubungkan aksesoris pihak ketiga dengan iPhone tanpa membiarkan aplikasi melihat semua perangkat lain di jaringan pengguna, menjaga privasi perangkat dan mempermudah proses pairing.

Apple Intelligence

iOS 18 menghadirkan Apple Intelligence yang mendalam dengan privasi sebagai prioritas utama, memberikan pengguna cara baru untuk meningkatkan tulisan dan komunikasi mereka.

Terdapat Writing Tools baru yang memungkinkan pengguna menulis ulang, memeriksa, dan merangkum teks di berbagai aplikasi seperti Mail, Notes, Pages, dan aplikasi pihak ketiga.

Lalu ada Image Playground yang memungkinkan pengguna membuat gambar animasi, ilustrasi, atau sketsa dengan cepat. Fitur ini tersedia di aplikasi seperti Messages dan aplikasi khusus.

Fitur Memories di Photos memungkinkan pengguna membuat cerita dengan mengetik deskripsi. Apple Intelligence akan memilih foto dan video terbaik, menyusun cerita dengan bab berdasarkan tema, dan membuat film dengan alur naratif. Alat Clean Up baru dapat menghilangkan objek yang mengganggu di latar belakang foto tanpa mengubah subjek utama.

Siri juga mengalami peningkatan besar dan diklaim menjadi lebih natural, relevan secara kontekstual, dan personal. Pengguna dapat mengetik atau berbicara dengan Siri sesuai kebutuhan.

Dengan Private Cloud Compute, Apple menetapkan standar baru untuk privasi dalam AI, menggabungkan pemrosesan di perangkat dan model berbasis server yang berjalan di server khusus Apple. Data tidak disimpan atau diakses oleh Apple, dan ini dapat diverifikasi oleh pakar independen. Selain itu, akses ke ChatGPT terintegrasi dalam Siri dan Writing Tools di seluruh platform Apple, memungkinkan pengguna memanfaatkan keahliannya tanpa perlu berpindah alat.

Fitur-fitur lain di iOS 18

Selain itu, terdapat beberapa fitur-fitur lain di antaranya membuat rute perjalanan buatan sendiri yang bisa diakses offline di Apple Maps, Game Mode, Emergency SOS Live Video, hingga aplikasi Notes dengan Math Notes yang dapat menyelesaikan rumus dan persamaan yang dimasukkan saat diketik.

Leave a Reply