Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Sunday, June 23, 2024
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Kerja Berlebihan? Ini 6 Tips Atasi ‘Burnout’

Ilustrasi burnout. Sumber foto: gettyimages

TopCareer.idBurnout atau kelelahan yang berlebihan seringkali terkait dengan stres karena pekerjaan. Biasanya, masalah ini dapat membuat seseorang merasa lelah secara fisik dan mental, serta membuatnya merasakan perasaan hampa atau tidak berguna.

Mengutip situs Mayo Clinic, Selasa (11/6/2024), burnout bukanlah diagnosis medis. Beberapa ahli bahkan berpendapat bahwa kondisi lain, seperti depresi, adalah penyebab kelelahan.

Burnout juga meningkatkan risiko depresi, tetapi karena keduanya adalah hal yang berbeda, penanganannya pun tidak sama.

Meski begitu, burnout karena pekerjaan tetap saja bisa berpengaruh pada fisik dan mental seseorang. Ada banyak pemicu atau penyebab kelelahan yang berlebihan akibat kerja, dan seringkali tidak bisa dihindari karena terjadi di luar hal-hal yang dapat kita kendalikan, seperti beban kerja yang terlalu banyak.

Baca Juga: Jangan Jadi People Pleaser, Orang Tipe Ini Disebut Gampang Burnout

Tips Mengatasi Burnout karena Pekerjaan

Namun, ada beberapa cara untuk mengendalikan stres Anda, sehingga burnout pun dapat ditangani:

Melihat opsi-opsi yang ada

Bicaralah dengan atasan tentang kekhawatiran Anda. Mungkin Anda bisa bekerja sama untuk melakukan perubahan atau memecahkan masalah. Tetapkan tujuan yang realistis tentang apa yang harus dilakukan.

Cari tahu apa yang bisa ditahan. Jika keadaan di tempat kerja tidak mungkin berubah, tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan mencari pekerjaan yang lebih cocok untuk Anda.

Mencari dukungan

Mintalah dukungan rekan kerja, teman atau orang yang dicintai. Berbicara dengan orang lain mungkin membantu mengatasinya. Merasa menjadi bagian dari orang lain melindungi Anda dari kelelahan. Jika kantor menawarkan program bantuan karyawan, lihatlah layanan yang ditawarkan.

Mencoba aktivitas santai

Carilah aktivitas yang dapat membantu mengatasi stres contohnya adalah yoga, meditasi atau tai chi. Sesuatu yang sederhana seperti menarik napas dalam-dalam beberapa kali sehari dapat membantu meredakan ketegangan.

Berolahraga

Aktivitas fisik yang teratur dapat membantu Anda mengatasi stres. Hal ini juga dapat mengalihkan pikiran Anda dari pekerjaan.

Tidur

Tidurlah dengan cukup untuk memulihkan kesejahteraan dan membantu melindungi kesehatan

Latihan mindfulness

Mindfulness berarti menyadari apa yang terjadi di dalam diri Anda dan di sekitar Anda, tanpa menghakimi atau bereaksi. Latihan ini dapat membantu menghadapi apa yang terjadi di tempat kerja sehingga tidak gampang burnout.

Leave a Reply