Find Us on Facebook

Subscribe to Our Channel

https://www.youtube.com/@topcareertv1083

Tren

UMKM Ini Sukses di Lazada dengan Produk Alami

Helcy Store jadi salah satu UMKM kecantikan dan perawatan pribadi yang yang sukses di Lazada. (Lazada)

TopCareer.id – Sebuah Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) produk kecantikan bernama Helcy Store, jadi salah satu jenama yang populer di platform e-commerce Lazada.

Uniknya, UMKM di Lazada ini bermula dari reuni sekolah dua pendirinya yaitu Akbar Ahya Putra atau Putra, dan Muhammad Ramadhana Miftakhuddin atau Dhana, dua teman yang pernah satu laboratorium saat SMA.

Di sela obrolan ringan mereka, Dhana yang tengah merintis Helcy Store di Lazada, menyambut baik ajakan untuk menjadi mitra Putra yang membuat produk alami racikan sendiri, bersama dengan Hafid Kesuma Wardhana (Hafid) sebagai mentor mereka.

Baca Juga: Pengin Kerja Di Lazada? Kenalan Dulu Seperti Apa Budaya Kerjanya

Salah satu produk pertama mereka adalah disinfektan alami yang aman dan lembut untuk kulit, sebagai bentuk dari tingginya kebutuhan selama pandemi Covid-19.

Disinfektan alami yang dipasarkan pun mendapatkan respons yang baik di tengah lonjakan permintaan kala itu. Mengandalkan formula bebas bahan kimia, produk mereka meraih kategori produk best seller di Lazada.

Mengutip siaran pers Lazada, Kamis (18/7/2024), tim Helcy Store mengembangkan produk pembersih rumah tangga, lalu merambah kategori kecantikan dan perawatan pribadi.

Baca Juga: Laporan: UMKM Asia Tenggara Andalkan Modal Bisnis Dari Tabungan Dan Teman

Tahun 2022, Hafid dan Putra meluncurkan Tosca, deodoran alami yang membuat toko mereka makin populer di platform e-commerce. Produk ini awalnya dibuat hanya untuk teman dan keluarga. Namun setelah menerima tanggapan positif, mereka memutuskan untuk memberanikan diri memasarkannya secara daring.

Tosca mendapat sambutan positif dari pelanggan di Indonesia, terutama karena meningkatnya kesadaran akan kesehatan dan lingkungan.

Meski awalnya menargetkan wanita muda, banyak pelanggan wanita membeli deodoran alami ini untuk pasangannya. Temuan ini mendorong tim Helcy Store memperluas lini produknya dengan menyertakan deodoran pria.

Baca Juga: Ada 22 Juta UMKM Masuk E-Commerce, Naik 14 Jutaan Dibanding 2020

Helcy Store lalu menggandeng sebuah pabrik untuk meningkatkan kapasitas produksi Tosca, yang kini jadi salah satu dari tiga produk perawatan pribadi teratas di Lazada. Hafid, Putra dan Dhana pun berencana mendirikan pabrik sendiri dalam waktu dekat, untuk memenuhi permintaan produk mereka yang terus meningkat.

Lebih lanjut, ketiganya juga aktif mengembangkan jaringan kemitraan dan membimbing banyak penjual dalam berbagai aspek e-commerce.

“Kami membantu penjual lain dalam jaringan kami yang membutuhkan bantuan dalam mengembangkan bisnis mereka lebih lanjut, terutama mereka yang belum menjual produknya secara online,” kata Dhana.

Selain mengoperasikan toko online-nya sendiri di Lazada, ketiganya dapat meningkatkan bisnis secara berkala selama tiga tahun terakhir, dengan menggaet penjual lainn untuk saling menjual produk di lapak masing-masing.

Leave a Reply