Find Us on Facebook

Subscribe to Our Channel

https://www.youtube.com/@topcareertv1083

Tuesday, September 17, 2024
idtopcareer@gmail.com
LifestyleTren

Jaga Privasimu! Ini Tips Berbagi Foto di Medsos

Ilustrasi membagikan foto di media sosial. (Kaspersky)

TopCareer.id – Bermain media sosial tanpa berbagi foto di medsos tidaklah lengkap. Meski begitu, memposting gambar di internet juga harus dipertimbangkan dengan matang dan penuh kehati-hatian.

Ada banyak risiko kejahatan siber yang mengintai apabila seseorang berbagi foto di medsos tanpa berhati-hati.

Beberapa ancaman seperti penipuan identitas hingga doxing pun mengintai mereka yang dengan sembrono mengungkapkan terlalu banyak informasi pribadi.

“Berbagi momen spesial secara daring merupakan cara yang luar biasa untuk terhubung dengan orang lain, tetapi penting untuk menggunakan pengaturan privasi dengan bijak,” kata Anna Larkina, pakar analisis konten web, Kaspersky.

“Dengan banyaknya platform yang kini memungkinkan kontrol atas siapa yang melihat kiriman, fitur ini harus digunakan dengan bijaksana, terutama saat membagikan konten sensitif,” imbuhnya, mengutip siaran pers, Selasa (27/8/2024).

Para pakar Kaspersky pun memberikan beberapa foto atau gambar yang sebaiknya tidak diungkap saat mengunggah sesuatu:

Baca Juga: 5 Hal Ini Tak Boleh Dibagikan Mahasiswa di Media Sosial

  • Detail lokasi

Untuk meningkatkan keselamatan pribadi, sebaiknya hindari berbagi foto yang dapat mengungkap lokasi yang sering dikunjungi, terutama rumah.

Foto yang berisi landmark yang mudah dikenali, rambu jalan, atau geotag berpotensi menunjukkan keberadaan seseorang. Bahkan detail halus di latar belakang dapat secara tak sengaja mengungkap lokasi.

Untuk meminimalkan risiko, sebaiknya bagikan jenis foto ini hanya ke teman dan keluarga, serta pilih gambar tanpa fitur yang dapat dikenali saat memposting ke audiens yang lebih luas.

  • Real-time updates

Membagikan informasi real-time seperti lokasi saat ini, berapa lama seseorang akan berada di sana, atau seperti apa penampilannya, dapat menarik perhatian yang tidak diinginkan. Batasi pembaruan ini hanya ke lingkar pertemanan.

Untuk audiens yang lebih luas, pertimbangkan membagikan pembaruan ini setelah aktivitas Anda selesai, sehingga memastikan keselamatan pribadi terjaga sambil tetap bosa berbagi di media sosial.

Privasi dapat lebih diperkuat dengan mengaktifkan solusi keamanan komprehensif yang mengelola pengumpulan data sensitif, seperti lokasi, oleh aplikasi.

Baca Juga: Awas, Serangan Spear Phishing Bisa Tiru Email Asli

  • Dokumen

Sebelum mengunggah foto, cek apakah ada dokumen yang terlihat seperti tanda pengenal, alamat rumah, catatan medis, resep, laporan bank, sampai tagihan.

Bahkan, saat membagikan gambar surat, parsel, atau tanda terima, pastikan tidak ada informasi sensitif yang terlihat. Rahasiakan rincian ini bahkan di antara teman dekat, karena rentan disalahgunakan jika akun dibobol.

  • Rencana perjalanan

Saat berlibur, akan lebih aman membagikan pembaruan dan foto hanya dengan sekelompok teman dekat.

Jauh dari pekerjaan dan fokus pada relaksasi dapat menciptakan peluang untuk serangan terarah, seperti seseorang yang menyamar sebagai wisatawan di tempat kerja yang memanfaatkan absennya pegawai yang berlibur.

Karena akan sulit bereaksi jika terjadi serangan siber saat liburan, jadi sebaiknya rahasiakan rencana perjalanan Anda sampai kembali ke rumah.

“Dengan melakukan pemeriksaan keamanan cepat, Anda dapat menikmati manfaat berbagi secara daring sekaligus menjaga keamanan data pribadi,” pungkas Anna Larkina.

Leave a Reply