Find Us on Facebook

Subscribe to Our Channel

https://www.youtube.com/@topcareertv1083

Friday, September 20, 2024
idtopcareer@gmail.com
Sosok

Rohana Kudus, Wartawan Perempuan yang Jadi Pahlawan

Rohana Kudus, wartawan perempuan pertama Indonesia yang jadi Pahlawan Nasional (Wikipedia)

TopCareer.id – Roehana Koeddoes, atau sering ditulis Ruhana Kuddus atau Rohana Kudus, adalah seorang wartawan perempuan pertama Indonesia yang jadi Pahlawan Nasional.

Rohana Kudus ditetapkan sebagai Pahlawan Nasional oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Jumat, 8 November 2019 lalu.

Mengutip situs kuraitajitimur.padangpariamankab.go.id, Pemerintah Sumatera Barat sudah mengusulkan Rohana Kudus untuk menjadi pahlawan nasional sejak 2018.

Baca Juga: Di Era 70-an, Profesi Ini Punya Jasa Besar dalam Karier Wartawan

Rohana, atau bernama Sitti Rohana, lahir di Koto Gadang, Kabupaten Agam, pada 20 Desember 1884. Ayahnya adalah Moehammad Rasjad Maharadja Sutan, seorang Hoofd Djaksa (Kepala Jaksa) di pemerintah Hindia Belanda, sedangkan ibunya bernama Kiam.

Rohana tumbuh dalam keluarga moderat yang gemar membaca. Sejak kecil, ia sudah bisa mendapatkan berbagai bacaan lewat buku, majalah, dan surat kabar yang dibeli ayahnya. Kegemaran membaca sang ayah juga ditularkan padanya.

Rohana Kudus tidak mengenyam sekolah formal. Namun, didikan sang ayah membuat sudah mengenal abjad latin, Arab, dan Arab Melayu di usia lima tahun. Saat berusia enam tahun, ayahnya pindah tugas ke Alahan Panjang sebagai juru tulis. Di sana ia bertetangga dengan Jaksa Alahan Panjang Lebi Jaro Nan Sutan.

Leave a Reply