Find Us on Facebook

Subscribe to Our Channel

https://www.youtube.com/@topcareertv1083

Friday, October 18, 2024
idtopcareer@gmail.com
Tips Karier

Buat Pencari Kerja, Hindari Lakukan Sederet Hal Ini Saat ke Job Fair

Festival Pelatihan Vokasi dan Job Fair Nasional yang digelar Kemnaker.Festival Pelatihan Vokasi dan Job Fair Nasional yang digelar Kemnaker. (dok. Kemnaker)

TopCareer.idJob fair jadi salah satu sarana bagi pencari kerja untuk lebih dekat dengan berbagai perusahaan, atau melamar ke pekerjaan yang diinginkan atau dibutuhkan.

Meski begitu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan sebaiknya dihindari saat pergi ke job fair.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut TopCareer.id berikan beberapa hal yang tak boleh kamu lakukan saat menghadiri sebuah pameran atau bursa kerja.

  • Jangan berkeliling cuma dengan teman-teman

Lakukan eksplorasi sendiri dan berikan kesan positif untuk dirimu sendiri. Selain itu, jangan malu-malu dan hindari bermain ponsel atau makan selama acara.

  • Jangan membawa tas atau ransel besar

Cukup bawa resume dalam map atau tas kecil. Dikutip dari umf.maine.edu, hal ini akan membuatmu terlihat lebih profesional, rapi, dan praktis. Tidak ada salahnya juga untuk menyimpan kartu nama yang bisa diberikan kepada perekrut.

Baca Juga: Apa Iya, 4 Hal Ini yang Dibenci Jobseeker dari Lamaran Kerja Online?

  • Jangan asal memilih pakaian

Pakailah pakaian yang membuatmu terlihat profesional, karena career fair mungkin jadi kontak pertamamu dengan calon pemberi kerja.

Dikutip dari USA Today, pria disarankan untuk menggunakan celana panjang, sementara untuk wanita dapat memakai sepatu yang tertutup. Jangan lupa untuk membersihkan kuku.

  • Tidak melakukan riset terhadap perusahaan

Jangan main-main dengan pemberi kerja. Cari tahu terlebih dulu mengenai perusahaan yang ada di job fair. Ini akan membantumu untuk lebih mengerti kualifikasi yang mereka butuhkan.

Ini juga membantumu untuk mencari tahu apa yang dapat kamu lakukan untuk perusahaan.

Baca Juga: Sering Terjadi, 6 Kesalahan Pencari Kerja Ini Bikin Seret Panggilan

  • Membawa resume yang jelek

Membawa beberapa salinan resume atau CV yang biasa tidaklah salah. Beberapa pemberi kerja mungkin akan mendorongmu untuk melamar secara daring dan menolak resumemu.

Namun, gunakan kesempatan untuk menyampaikan kualifikasimu secara lisan, serta membangun koneksi dengan mereka. Dengan begitu, Anda lebih dari sekadar nama pada lamaran.

  • Jangan telat

Jangan telat agar kamu tidak melewatkan waktu untuk mendapatkan koneksi dengan perusahaan yang diinginkan.

Leave a Reply