Topcareer.id – Memiliki kinerja yang baik tentu akan mengembangkan karier kamu. Namun memiliki hubungan yang baik dengan beberapa orang di kantor juga bisa menjadi keuntungan tersendiri buat kamu.
Nah, siapa sajakah orang tersebut? Dilansir dari Businessinsider.com, berikut 7 orang yang perlu kamu dekati ketika di kantor.
CEO
Sudah pasti kamu harus mendekati orang yang satu ini. Jika orang yang berkuasa di perusahaan ini tidak suka dengan kamu, pasti ada sesuatu yang salah dengan diri kamu dan bisa-bisa kamu segera didepak dari perusahaan.
Baca juga: 7 Cara Profesional Menolak Pekerjaan dari Atasan
Manajer
Orang ini patut kamu dekati karena ia adalah seseorang yang akan memberikan proyek, memberikan penilaian atas kinerja kamu dan memberitahukannya kepada atasan tertinggi, membuat keputusan tentang promosi dan kenaikan gaji serta orang yang pada akhirnya membuat kehidupan kerja kamu terasa menyenangkan atau menyedihkan.
Kamu tidak harus bersahabat dengan manager kamu, tapi tidak ada salahnya untuk memuji dan memperlakukannya dengan baik. Dan ketika kamu sudah mendapat perhatian dari manager dan kamu ingin pindah kepekerjaan lain, ia pasti akan memberikan referensi yang positif buat kamu.
Administrasi kantor
Butuh sesuatu sebelum presentasi penting? Perlu menggunakan ruang rapat besar yang sudah dipesan oleh orang lain? Orang inilah yang akan membantu kamu untuk melalui kesulitan itu. Jangan salah, orang yang bekerja sebagai administrasi kantor memiliki power juga lho dikantor.
Baca juga: Cara Menghadapi Rasa Tidak Suka pada Pekerjaan
Resepsionis atau petugas keamanan
Mereka diam-diam bisa menjadi mata dan telinga dari sebuah perusahaan lho. Umumnya sih mereka dikenal sebagai penggosip, tapi informasi yang mereka punya kadang bisa menguntungkan lho buat kamu. Plus, mereka mungkin orang pertama yang kamu lihat setibanya dikantor dan membuat mood pagi kamu bagus karena senyuman dan ucapan selamat pagi yang tulus dari mereka.
Bagian keuangan
Saat keuangan kamu kacau, berteman dengan bagian keuangan tentu akan membantu kamu. Setidaknya mereka dapat memberikan solusi bahkan menyelesaian permasalahan keuangan kamu lho.
Bagian IT
Kamu juga perlu berteman dengan orang yang bekerja dibagian IT. Ketika kamu memiliki maslah yang berkaitan teknologi, merekalah orang yang akan membantu kamu.
Bagian HRD
Tidak ada salahnya memiliki teman akrab di bagian HRDkan? Mereka merupakan orang yang dapat memberikan informasi mulai dari gaji, tunjangan, kebijakan, peraturan, dan sebagainya.
Jika kamu mendapat masalah, kamu pasti menjadi prioritaskan mereka, lho. Mereka juga berperan penting dalam karir kamu, karena mereka juga memiliki wewenang terhadap keberadaan kamu di perusahaan.
Jadi sudah dekati 7 orang ini belum dikantormu? *
Editor: Ade Irwansyah