Topcareer.id – Multitasking adalah keterampilan yang diperlukan untuk banyak peran di berbagai fungsi bisnis dan tempat kerja seperti kantor.
Sayangnya multitasking meskipun bagus, itu juga dapat merusak efisiensi dan kinerja mental saat bekerja di kantor.
Jika multitasking dilakukan dengan benar, ini bisa menjadi cara yang bagus untuk menyelesaikan sejumlah tugas secara bersamaan.
Berbeda jika kamu justru mengambil terlalu ban yak tugas pada satu waktu, itu justru menyebabkan kecemasan karena pengambilan keputusan yang buruk.b
Berikut ini sepuluh tips terbaik untuk membantumu melakukan banyak tugas secara efisien di kantor.
Lanjutan dari bagian pertama artikel:
6) Kelompokkan tugas bersama jika memungkinkan
Mengerjakan tugas yang sama sekali berbeda pada saat yang sama pasti akan menyebabkan kebingungan.
Pastikan bahwa ketika kamu merencanakan minggu kerja kamu mengelompokkan tugas-tugas yang serupa dalam satu grup.
Akan lebih mudah untuk beralih di antara tugas yang dikelompokkan dalam memenuhi tenggat waktu yang sama.
7) Bekerja dengan kecepatan tetap
Mungkin mudah untuk merasa seperti kamu harus terburu-buru ketika memiliki banyak tugas yang berbeda untuk kamu selesaikan.
Hal ini akan menjadi kontraproduktif jika kamu harus melakukan kembali pekerjaan yang sama di kantor.
Bekerjalah dengan kecepatan tetap sehingga kamu tidak melewatkan apa pun dan dapat menyelesaikan pekerjaan dengan kemampuan terbaikmu.
8) Hindari gangguan
Saat kamu sibuk di kantor dan memiliki banyak tugas saat bepergian, penting untuk memastikan kamu tidak terganggu.
Selama periode sibuk, beri tahu rekan kerja kamu di kantor bahwa kamu perlu waktu untuk fokus dan tidak diganggu kecuali darurat.
Memasang headphone merupakan cara yang bagus untuk memblokir kebisingan kantor dan fokus pada tugas yang ada.
Baca juga: Ekspektasi Kerja Tidak Jelas di Kantor? Begini Cara Hadapinya
9) Biarkan diri kamu istirahat secara teratur
Bekerja terus menerus sepanjang hari di kantor bukanlah cara untuk menyelesaikan sesuatu dengan standar yang tinggi.
Pastikan kamu memberi diri istirahat pendek di siang hari.
Setelah cukup istirahat, kamu mungkin menemukan bahwa dirimu bisa mengidentifikasi kesalahan yang mungkin tidak kamu sadari sebelumnya.
10) Tetap fokus
Ini bisa lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Namun, tetap fokus mungkin hanya perlu mematikan ponsel selama jam kerja di kantor.
Atau bisa juga untuk tidak memeriksa email kamu selama 30 menit.
Ini bisa membantumu untuk tetap fokus dan membuat daftar tugas kamu dikerjakan lebih cepat daripada saat kamu tidak fokus.**(Feb)