Find Us on Facebook

Subscribe to Our Channel

https://www.youtube.com/@topcareertv1083

Friday, November 22, 2024
idtopcareer@gmail.com
Tips Karier

Bikin Kacau Balau, Ini 5 Kebiasaan Buruk Terbesar Saat WFH

Ilustrasi. (dok. Kolaborato)

Topcareer.id – Ketika bekerja dari rumah lebih menyenangkan karena memungkinkanmu mengenakan baju tidur, atau sambil rebahan di sofa favorit bersama kucing kesayangan. Tidak ada cara bekerja yang lebih indah dari work from home atau WFH.

Namun, bekerja dari rumah tidak cocok untuk semua orang dan memiliki beberapa kendala besar jika kamu membiarkan kebiasaan buruk tertentu menjadi norma dalam rutinitas harian. Berikut adalah lima kebiasaan buruk terbesar yang harus dihentikan saat bekerja dari rumah, menurut laman The Ladders.

1 Memanjakan distraksi (gangguan)

Hampir semua orang berjuang untuk menghindari gangguan. Orang-orang juga dapat terganggu saat mereka menggunakan komputer di kantor, tetapi jauh lebih mudah melakukannya ketika disajikan kenyamanan ruang tamu di mana tidak ada ancaman bos yang menyelinap di belakangmu.

Kamu benar-benar tak terkalahkan di rumah. Namun, jangan biarkan hal itu muncul di kepalamu. Kamu harus fokus! Jika bukan untuk kepentingan pekerjaan, hindari mengembangkan rentang perhatian pendek yang tidak sehat.

2. Mengabaikan nutrisi

Dengan kurangnya rekan kerja di sekitar yang keluar kantor untuk mengambil makan siang, mudah sekali untuk lupa makan selama hari kerja di rumah. Melewatkan makan dan tidak minum cukup air adalah kebiasaan buruk utama bekerja dari rumah.

Kamu harus tetap makan dengan baik, tetapi tidak terlalu kenyang (sangat mudah makan keripik kentang sepanjang hari saat bekerja dari rumah). Pantau saja pola makan selama hari kerja agar tidak menjadi orang dengan kebiasaan makan yang tidak sehat.

Baca juga: Perlukah Menyembunyikan Pekerjaan Sampingan Dari Atasan?

3. Melupakan formalitas

Bekerja dari rumah berarti kurangnya kontak fisik dengan rekan kerja. Ini secara alami akan menghasilkan transformasi perilaku sosial, meskipun tingkat perubahannya berbeda untuk setiap orang. Pastikan menahan diri jika kamu mulai mengembangkan kebiasaan buruk seperti menjadi tidak sabaran, lebih tidak sopan, atau lebih menjengkelkan.

4. Membiarkan pekerjaan dan ruang pribadi saling tumpang tindih

Idenya adalah kamu tidak boleh membiarkan, katakanlah, kamar tidur juga menjadi kantor rumahmu. Kamu perlu memisahkan ruang kerja dari ruang relaksasi untuk mendapatkan tempat melarikan diri ketika pekerjaan menjadi terlalu berat untuk ditangani. Jangan biarkan pekerjaan menginfeksi setiap sudut rumahmu, dan jangan membiasakan kebiasaan itu mengakar.

5. Membiarkan pekerjaan dan kehidupan tumpang tindih

Berhubungan erat dengan kebiasaan sebelumnya, berikut ini kebiasaan besar lain yang harus dihindari: kecanduan bekerja. Dengan tidak adanya kantor untuk keluar secara fisik, kamu dapat dengan mudah memeriksa email kantor pada jam-jam yang tidak biasa dan memulai tugas pekerjaan pada jam 1 pagi ketika kamu tidak bisa tidur. Semua ini tidak sehat.

Rumahmu tidak hanya akan menjadi kantormu, tetapi hidupmu sendiri akan secara permanen terinfeksi oleh pemikiran pekerjaan. Kamu perlu memiliki ruang terpisah — dan waktu berhenti khusus — untuk memastikan rumahmu tidak berubah menjadi kantor.

Leave a Reply