Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Friday, September 20, 2019
redaksi@topcareer.id
Profesional

Mau Jadi Penyiar Radio? Ini yang Perlu Kamu Tahu

Views

TOPCAREER.ID Menjadi penyiar radio identik dengan “banyak omong” sehingga dinilai membutuhkan skill public speaking yang tinggi. Kalau kamu mau jadi penyiar radio, setidaknya ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui.

Misal, tugas penyiar radio nggak cuma cuap-cuap saja. Nah, biar kamu lebih paham soal dunia penyiaran radio, Karin Soerja, penyiar radio Mustang bakal berbagi kira-kira apa saja yang perlu diketahui sebelum jadi penyiar radio.

Cari materi siaran sendiri
Memang, pada umumnya penyiar bakal dibekali produser dengan materi terkait program yang akan dibawakan sebelum siaran. Tetapi, tidak semua program radio punya produsernya masing-masing. Biasanya program radio prime time yang memiliki produser tersendiri.

Maka, tak jarang penyiar radio atau announcer harus mencari sendiri materi yang akan diberikan kepada pendengar, tanpa mengandalkan produser. Untuk Mustang, kata Karin, karena targetnya anak muda sehingga materi yang dicari meliputi isu-isu yang sedang hangat.

“In the end of the day kami self produce juga. Jadi, cari materi (siaran) dan kami juga yang harus ngomong. Kalau target pasarnya anak muda gampang tinggal cek Instagram. Sebelum siaran udah disiapin, pas siaran langsung disampaikan dari angle yang mana,” kata Karin kepada TopCareer.id.

Selain itu, kamu perlu juga punya kemampuan music minded. Pengetahuan musik kamu harus bagus. Kamu perlu mengetahui para penyanyi atau band dari lagu-lagu yang bakal disuguhkan ke pendengar saat siaran.

hildailhamil@gmail.com'

Leave a Reply