Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Rabu, Juli 28, 2021
redaksi@topcareer.id
Profesional

Berapa Gaji Chef Profesional? Ini Bocorannya

TOPCAREER.ID Apa gaji chef menggiurkan? Buat kamu yang ingin jadi chef perlu nih kenalan sama gajinya. Untuk level paling bawah, seperti kitchen helper, bertugas mencuci piring dan bersih-bersih dapur, setidaknya bisa terima gaji sebesar Upah Minimum Regional (UMR). Sementara, kalau tingkat paling atas ya bisa berkali-kali lipat.

Hal itu seperti yang disampaikan oleh Technical Chef di PT Mulia Boga Raya, Muhammad Septian Hidayat. Ia yang sudah berpengalaman keluar masuk restoran hotel ternama, menyebut minimal chef dengan minim pengalaman bisa terima gaji minimal UMR tergantung daerahnya. Namun, Septian enggan menyebut besarannya secara detail.

“Maksimalnya bisa besar banget, maksimalnya bisa berapa puluh kali lipat, tergantung posisi. Kalau helper masih ada yang UMR, di bawah UMR. Rata-rata sih UMR. Kalau tertinggi posisi executive chef itu puluhan juta rupiah gajinya,” kata Septian kepada TopCareer.id dalam sambungan telepon.

Kalau berdasar pada data yang dilampir dari Salary Expert, misal gaji chef di Bali rata-rata mencapai Rp177.077.631 (IDR) per tahun atau tarif per jam setara Rp85.133. Selain itu, mereka mendapatkan bonus rata-rata Rp4.834.219 per tahun.

Sementara, gaji chef berdasar pengalamannya, untuk yang entry level (1-3 tahun pengalaman) mendapatkan gaji rata-rata sebesar Rp130.998.139 per tahun. Di sisi lain, seorang chef tingkat senior (8 tahun pengalaman atau lebih) mendapatkan gaji rata-rata Rp219.668.188 per tahun.

Agak berbeda dengan chef pastry nih. Rata-rata gaji koki pastry di Indonesia adalah Rp186.925.885 atau tarif per jam setara Rp89.868. Mereka mendapatkan bonus rata-rata Rp4.579.684 per tahun.

Tinggalkan Balasan