Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Thursday, October 24, 2019
redaksi@topcareer.id
Profesional

Pekerjaan Paling Diburu: Customer Experience. Apakah Itu?

Views

Topcareer.id  Mungkin kamu lebih familiar mendengar pekerjaan sebagai customer service, daripada customer experience. Padahal, pekerjaan sebagai customer experience saat ini jadi penentu dalam sebuah bisnis.

Tahu nggak apa itu customer experience? Secara bahasa , istilah itu diterjemahkan sebagai pengalaman pelanggan. Tentunya masih bisa terbayang kalau pekerjaan ini banyak berkaitan dengan pelanggan.

Dalam Laporan Digital Marketing Trends 2016, Econsultancy dan Adobe, selama tiga tahun berturut-turut pengalaman pelanggan atau customer experience ini merupakan profesi yang paling menarik dalam perusahaan.

Secara garis besar, pekerjaan seorang customer experience officer adalah mengetahui secara keseluruhan aktivitas dari pelanggan. Melalui informasi-informasi itu, pengembangan bisnis pun bisa dilakukan atas dasar customer experience.

Interaksi yang dilakukan bisa mencakup banyak hal, seperti advertising hingga interface atau pengalamn pelanggan menggunakan layanan aplikasi produk, proses penjualan, pengiriman produk, hingga customer service. Biasanya customer experince officer ini lebih banyak melakukan riset yang pada akhirnya untuk meningkatkan customer experinece yang lebih baik.

Karena pada dasarnya semakin bahagia seorang customer terhadap sebuah merek, maka semakin lama pula customer tersebut akan terus menggunakannya. Pada akhirnya yang diinginkan sebuah perusahaan adalah memperoleh pelanggan setia.

Bahkan, sebuah penelitian yang dilakukan American Express, 60 persen dari pelanggan bersedia membayar lebih untuk pengalaman yang lebih baik. Untuk itu, tugas seorang customer experience dianggap penting dalam sebuah perusahaan.

hildailhamil@gmail.com'

Leave a Reply