Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Thursday, November 21, 2019
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Ini Efek Kesehatan yang Intai Kamu Karena Kerja di Ruang Ber-AC

Topcareer.id – Suhu udara yang sejuk dibantu air conditioner (AC) dalam ruangan, mungkin bisa bikin kerja lebih produktif. AC atau pendingin udara memang bisa jadi penyelamat saat panas mendera di luar gedung. Tapi ada fakta lain yang perlu diketahui bahwa penggunaan AC juga bisa menimbulkan efek kesehatan.

Berikut beberapa efek kesehatan yang berpotensial timbul ketika bekerja dengan paparan AC yang perlu diwaspadai, seperti dalam laman Little Things.

1. Sakit kepala dan pusing

Sebuah studi dalam International Journal of Epidemiology menghubungkan kerja di gedung-gedung perkantoran dengan pendingin ruangan sentral langsung ke gejala kesehatan seperti kelelahan dan sakit kepala.

Baca juga: Berapa Suhu Ideal AC di Kantor?

Coba naikkan suhu pada AC sehingga tidak kedinginan. Obat lain adalah sering-seringlah beristirahat di luar untuk mencari udara segar dan membiarkan suhu tubuh kembali normal.

2. Gejala flu

Menurut Jurnal Oxford, individu yang menghabiskan banyak waktu di lingkungan ber-AC cenderung membutuhkan layanan perawatan kesehatan dalam jumlah besar untuk gejala flu.

Baca juga: Stop Ngaret! 5 Tips Agar Tidak Telat ke Kantor

Untuk memastikan bahwa kamu tidak sering-sering ke dokter, pastikan semua aspek kamar, mobil, dan ruang kerja dibersihkan secara menyeluruh. Itu termasuk karpet, gorden, dan apapun di ruangmu yang dapat menyebabkan debu menumpuk, terutama AC.

3. Penambahan berat badan

Everyday Health mengatakan bahwa AC dapat membantu menjaga tubuh kita pada suhu di mana kita merasa nyaman untuk tidak berolahraga atau bergerak. Ini kemudian menyebabkan lebih sedikit kalori yang kita bakar daripada yang biasanya saat di lingkungan alami di mana tubuh kita harus bekerja untuk menyesuaikan dengan suhu.

Baca juga: Kantor Berkonsep Open Space Malah Kurangi Interaksi?

Saat panas di luar, orang cenderung menyalakan AC mereka dan menikmati udara daripada pergi keluar dan berolahraga. Orang-orang juga cenderung makan lebih banyak ketika cuaca dingin yang mungkin terjadi ketika seseorang menyalakan AC di rumah atau di kantor.

4. Meningkatkan tekanan darah

Menurut Mens-Fitness-and-Health, suhu di mana kita hidup pasti dapat memengaruhi tekanan darah dan kesehatan kita secara keseluruhan.

Ini secara langsung terkait dengan arteri kecil di kulit kita yang mengkonstriksi untuk menghindari kehilangan panas tubuh. Pada gilirannya, ini menciptakan resistensi aliran darah dan tekanan darah tinggi. Mereka yang hipertensi dapat menghentikan efek ini dengan menghindari suhu dingin dan menggunakan pendingin udara minimal.

Baca juga: Ingin Pulang Tepat Waktu dari Kantor? Lakukan Hal Ini

5. Masalah pernapasan

Masalah nomor satu dengan AC di ruang kerja setiap adalah seringnya tidak dibersihkan secara menyeluruh sebagaimana mestinya. Tidak mengubah filter dapat menyebabkan berbagai jenis bakteri dan jamur menumpuk.

Pendingin udara juga bisa menjadi tempat berkembang biaknya jamur hitam, karena tingginya kadar air yang menumpuk dari kondensasi yang dibuat dengan semua udara dingin yang melewatinya. Semua mikro-organisme yang hidup nyenyak di AC Anda berpotensi menyebabkan masalah pernapasan. Pastikan unit pendingin udara dibersihkan secara teratur dan filter juga diganti setiap beberapa bulan. *

Editor: Ade Irwansyah

hildailhamil@gmail.com'

Leave a Reply