Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Wednesday, November 13, 2019
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Ini Tanda-tanda Kamu HSP Alias Sensitifan

Topcareer.id – Adakah yang pernah mengatakan kepadamu, “Kamu sangat sensitif.” Meskipun hal ini sering dianggap sebagai penghinaan, kebenarannya adalah bahwa sejumlah besar orang memiliki alasan menarik di balik kepekaan mereka. Dan ada beberapa tanda yang menunjukkan bahwa kamu sangat sensitif alias highly sensitive person (HSP).

Mungkin saja seseorang dengan tipe ini hanya memiliki satu atau dua tanda sangat sensitif atau berhubungan dengan hampir setiap tanda. Berikut tanda-tandanya seperti dilansir dari laman This Is Insider.

Baca juga: Jangan Sampai Resign Jadi Pelarian Stres di Kantor

1. Kamu tidak bereaksi dengan baik terhadap pencahayaan yang terang atau suara yang keras. Pernahkah kamu memperhatikan bahwa lampu besar sedang dinyalakan atau suara keras membuatmu cemas? Psychology Today melaporkan bahwa ini bisa menjadi tanda kamu sangat sensitif terhadap lingkunganmu.

2. Cepat marah pada diri sendiri ketika kamu tidak memenuhi harapan yang telah kamu tetapkan sendiri. Menurut Psychology Today, jika kamu merasa cepat menilai atau kurang memikirkan diri sendiri karena gagal mencapai tolok ukur tertentu, itu bisa menunjukkan kamu menjadi sangat peka tentang bagaimana kamu tampil di dunia.

Baca juga: Yuk, Kenali Ragam Pemicu Stres

3. Mudah kaget. Highly Sensitive Refuge melaporkan bahwa seseorang yang sangat sensitif akan mudah dikejutkan karena sistem saraf mereka dihidupkan meskipun dalam situasi berisiko rendah.

4. Sering khawatir tentang apa yang dipikirkan orang lain. Orang dengan tingkat sensitif yang tinggi mungkin terus-menerus mengelilingi diri mereka dengan orang-orang sementara secara bersamaan mengkhawatirkan apa yang orang-orang pikirkan tentang mereka.

5. Selalu takut ditolak. Penolakan dapat berdampak luar biasa bagi HSP (highly sensitive person) karena mereka melihat orang yang kurang memikirkan mereka. Menurut Psychology Today, memiliki rasa takut yang serius akan penolakan adalah pertanda kuat seseorang adalah HSP.

Baca juga: Kenapa Multitasking `Un-faedah` untuk Karyawan dan Perusahaan?

6. Sangat berjuang untuk melepaskan emosi negatif. Psychology Today melaporkan bahwa, untuk HSP, perlu waktu yang cukup lama untuk memproses emosi dan bisa moved on.

7. Cepat berempati. “HSP cenderung memiliki empati yang luar biasa dan akan sangat mengkhawatirkan orang lain dan selaras dengan perasaan mereka,” kata Dr. Elaine Aron Sebagai peneliti HSP terkemuka kepada The Telegraph.

8. Kamu kesulitan menerima kritik yang membangun. Orang yang sangat sensitif dapat menyadari bahwa kritik konstruktif biasanya diberikan dari tempat yang baik, Psychology Today melaporkan bahwa mungkin sulit bagi mereka untuk menjaga perasaan mereka agar tidak terluka ketika seseorang memberikannya.

Baca juga: Seberapa Pemarah Kamu? Ini Ukurannya

9. Sangat berjuang untuk menghadapi perubahan. Untuk seorang HSP, memiliki rutinitas dan keakraban dapat menjadi bantuan besar dalam mengelola emosi mereka. Apakah itu perubahan baik atau buruk, Highly Sensitive Refuge melaporkan bahwa hal itu dapat membuat orang yang sangat sensitif merasa stres dan kewalahan.

10. Sangat sadar akan perubahan suhu emosi. Menurut The Telegraph, jika kamu merasa perubahan kecil pada suhu emosi di sekitarmu, sampai pada titik yang memengaruhi perasaan, itu bisa menjadi tanda kamu seorang HSP. Ini adalah contoh lain dari perubahan kecil yang membuat orang yang sangat sensitif lebih selaras. *

Editor: Ade Irwansyah

hildailhamil@gmail.com'

Leave a Reply