Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Wednesday, November 13, 2019
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Hindari Burnout untuk Kesehatan dan Karier Lebih Baik

Topcareer.id – Apa itu Burnout? Ada dua definisi penting mengenai burnout.

Defenisi pertama, “Keadaan kelelahan fisik, emosional, dan mental yang disebabkan oleh keterlibatan jangka panjang dalam situasi yang menuntut emosi.” – Ayala Pines dan Elliot Aronson.

Sedangkan defenisi kedua, “Keadaan lelah atau frustrasi yang disebabkan oleh pengabdian pada tujuan, cara hidup, atau hubungan yang gagal mencapai tujuan yang diharapkan.” – Herbert J. Freudenberger.

Baca juga: Alasan Kenapa Karyawan Kurang Motivasi Kerja

Kedua definisi ini mencakup inti dari kejenuhan. Pertama menekankan bagian kelelahan, dan yang kedua berfokus pada rasa kecewa.

Mengutip Mindtools.com, Rabu (16/10/2019) berikut ini dijelaskan apa penyebab dan cara menghindari burnout di tempat kerja.

Baca juga: Kehilangan Semangat Kerja? Jangan Buru-buru Resign Ya

Penyebab burnout
Orang-orang mengalami kelelahan karena berbagai alasan. Kurangnya otonomi kerja merupakan penyebab umum. Kamu mungkin mengalami kelelahan jika tidak memiliki banyak kendali atas pekerjaanmu. Ada juga penyebab umum lainnya seperti memiliki tujuan kerja tidak jelas, kerjasama tim tidak berfungsi, menerima beban kerja berlebihan, tidak adanya dukungan dari atasan dan kurangnya pengakuan pada hasil kerja, hingga pekerjaan yang monoton.

Konsekuensi burnout
Produktivitas bisa turun drastis, ini tidak hanya berdampak pada karier kamu, tetapi juga berdampak negatif bagi tim dan organisasi kamu. Kreativitas akan terpengaruh. Sehingga kamu cenderung tidak melihat peluang. Kamu juga jadi sering mencari alasan untuk tidak bekerja.

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply