Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Monday, November 18, 2019
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Bingung Memahami Atasan Atau Rekan Kerja? Coba Trik Ini

Ilustrasi. Sumber foto: ForbesIlustrasi. Sumber foto: Forbes

Topcareer.id – Terkadang dalam bekerja sehari-hari di kantor, kamu mengalami miskomunikasi atau sama sekali tidak paham dengan apa yang atasan atau rekan kerjamu inginkan.

Ketika kamu mengalami momen di mana kamu sama sekali tidak tahu apa yang terjadi, jangan menyerah begitu saja.

Mengutip themuse.com, Kamis (17/10/2019), coba lakukan cara ini untuk keluar dari kondisi yang membingungkanmu.

Berpura-pura mengerti
Teknik ini akan berguna jika kamu tidak ingin terlihat seperti orang bodoh saat diberi terlalu banyak informasi di depan orang-orang penting.

Cobalah untuk tersenyum, mengangguk, namun diam-diam tuliskan informasinya (termasuk apa pun yang tidak kamu mengerti). Katakan pada mereka, “Saya akan memproses ini, dan saya akan memberi tahu jika saya memiliki pertanyaan,”

Temui atasan langsung kamu setelahnya untuk mengkonfirmasi ulang dengan kondisi yang lebih tenang.

Baca juga: Selamatkan Kariermu! Ini 8 Tanda Bosmu Beracun

Katakan tidak tahu
Kamu tidak boleh takut mengatakan, “Saya tidak tahu” jika benar-benar bingung. Terutama saat kamu diharapkan memahami segala sesuatu yang terjadi pada saat itu.

Mintalah pada mereka untuk mengulangi apa yang mereka sampaikan. Pendekatan ini memudahkan orang yang menyampaikan pesan mencari tahu di mana letak ketidakpahamanmu dan bagaimana membuatmu mengerti.

Minta bantuan teman
Jangan ragu meminta bantuan. Selama kamu tidak terlalu mengganggu, umumnya teman-teman akan dengan senang hati membantumu.

Ingat, ada aturan yang harus kamu lakukan saat minta tolong pada teman. Batasi diri untuk bertanya tentang dua hal yang tidak kamu mengerti per hari, dan hindari mendekati ketika mereka sibuk.

Cek yang sudah kamu kerjakan
Jika kamu menyadari bahwa kebingunganmu disebabkan oleh masalah komunikasi dengan rekan kerja atau manajer, coba cek dirimu apakah pekerjaanmu sudah sesuai jalur. Jika tidak yakin, bicarakanlah dengan atasan atau rekan kerja.

Prioritaskan pertanyaan yang perlu jawaban lebih dulu
Jika kamu bingung atas pertanyaan dan instruksi yang diajukan atasan, coba prioritaskan mana pertanyaan dan tugas yang perlu segera mendapat penanganan dari kamu. Dengan begini kamu tidak akan kebingungan.

Editor: Feby Ferdian

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply