Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Friday, November 15, 2019
redaksi@topcareer.id
Profesional

Tips Jadi Public Relation yang Bersinar, Ini Pasti Berguna Buat Kamu

Topcareer.id – Sudah pasti bahwa kamu membutuhkan keterampilan komunikasi yang baik untuk menjadi seorang public relation. Tetapi itu hanya sebagian kecil kemampuan dan karakteristik yang dimiliki seorang PR.

Industri PR menuntut banyak sekali keterampilan, seperti yang dikatakan Denise Kaufmann, CEO dari perusahaan PR Ketchum London. Kaufman bertanya pada sejumlah PR professional, apa yang membuat mereka bersinar di industri ini.

Baca juga: Kenapa Multitasking `Un-faedah` untuk Karyawan dan Perusahaan?

1. Fleksibel

“Ciri paling penting dari semua adalah fleksibilitas,” kata Patrick Harrison, direktur manajemen reputasi dan hubungan media strategis di perusahaan PR Weber Shandwick.

Meskipun tidak selalu, lanjutnya, kita sering menemukan diri kita terjebak di tengah-tengah apa yang diinginkan klien kita dan apa yang dibutuhkan wartawan. PR yang baik harus dapat memahami dan berempati dengan perspektif yang berbeda ini dan menawarkan saran dan bantuan yang kredibel untuk keduanya.

Baca juga: Ingin Karyawan Lebih Kreatif? Coba Lakukan Ini

2. Percaya diri dan pandai berbicara

 “Dalam PR, seperti dalam aspek bisnis apa pun, kepercayaan diri dan kemampuan untuk mengartikulasikan sudut pandang seseorang secara jelas dan persuasif, menurut pendapat saya, keduanya sebagian besar keterampilan kritis dibutuhkan,” kata Giles Fraser, salah satu pendiri firma PR Brands2Life.

3. Bagus dalam perencanaan

Konsultan harus dapat merumuskan brief mereka sendiri serta meresponsnya karena digital dan sosial secara drastis meningkatkan cakupan potensial dari kampanye apa pun dan tidak semua kontak klien dapat melihat peluang.”

Baca juga: Obesitas Hambat Produktivitas Karyawan

4. Memikat

 Fraser menyimpulkan bahwa kepribadian yang memikat akan sangat membantu karena semua orang ingin bekerja dengan orang yang mereka sukai menghabiskan waktu bersama.

5. Mampu bercerita

Chris Hughes, direktur komunikasi di agensi PR Sine Qua Non, menyoroti kemampuan untuk memutar cerita yang bagus.

“Mendongeng secara luas (dan benar) dikutip sebagai sifat utama untuk PRO dan penting untuk menyebarkan narasi di semua saluran yang tersedia. Membangun hubungan dengan media masih penting, tetapi PR juga harus tetap unggul dalam hal keterlibatan digital dan media sosial. Kamu harus menceritakan versi yang tepat dari ceritamu kepada audiens yang tepat dalam format yang benar.”

Baca juga: Alasan Kenapa Karyawan Kurang Motivasi Kerja

6. Senang bersosialisasi

 “Bagi saya, menjadi sukarelawan dan menulis blog di luar pekerjaan saya membantu membedakan saya dari orang banyak. Saya aktif secara sukarela di Media Trust yang merupakan amal yang luar biasa dan sangat bermanfaat. Saya juga di komite eksekutif kelompok Women in PA,” Nafisa Nathani, manajer akun di Media Foundry.

7. Jenaka

Menjadi jenaka berguna karena membantu Anda menghasilkan permainan kata-kata yang bagus. Linstock Communications’, Annie Ly menjelaskan mengapa ini penting:

Baca juga: Requirement Karyawan Zaman Sekarang Tak Berpola

“Permainan kata-kata yang bagus membutuhkan kecerdasan yang cepat dan eksekusi yang sempurna. Sementara keberhasilan kampanye tidak selalu mengandalkan kemampuan menghukum yang kuat, kampanye yang dirangkum dengan kata atau frase yang berkesan cenderung memiliki daya tahan yang lebih besar dengan audiens. Ini adalah cara yang baik untuk menyuntikkan sedikit humor (jika perlu) dan kepribadian di sepanjang jalan juga.” *

Editor: Ade Irwansyah

hildailhamil@gmail.com'

Leave a Reply