Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Thursday, November 21, 2019
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

5 Hal Penting Dilakukan Sebelum Pensiun

Topcareer.id – Pensiun harusnya menjadi salah satu saat terbaik dalam hidup kamu. Tapi hati-hati, pensiun juga bisa berubah menjadi saat terburuk jika dilakukan tanpa persiapan.

Mengutip fool.com, Jumat (18/10/2019), untuk memastikan rencana pensiun kamu berjalan sempurna, pastikan kamu melakukan lima hal ini.

Tentukan anggaran pensiun
Sebelum kamu meninggalkan pekerjaan untuk selamanya, kamu harus menyiapkan anggaran lebih. Pertimbangkan semua hal yang akan kamu pakai, termasuk perjalanan, perumahan, transportasi, hobi, dan kesehatan.

Menyusun anggaran dengan rinci merupakan langkah pertama dalam menentukan berapa banyak penghasilan pensiun yang kamu butuhkan. Beri sedikit space dalam anggaran itu untuk biaya tak terduga. Pastikan kamu realistis.

Cari tahu berapa banyak uang yang akan kamu miliki
Langkah kedua, pastikan kamu memiliki penghasilan yang cukup untuk menutup semua biaya yang akan kamu keluarkan. Ada beberapa sumber utama penghasilan pensiun seperti tabungan, investasi, asuransi, hingga pesangon dari perusahaan.

Cari tahu berapa banyak penghasilan yang akan disediakan dari hasil pensiun kamu. Tambahkan penghasilan dari semua sumber yang berbeda untuk melihat seberapa banyak kamu akan masuk ke rumah tanggamu.

Kemudian bandingkan ini dengan anggaran yang kamu punya. Jika kamu memiliki pengeluaran lebih dari yang dapat ditanggung penghasilanmu, kamu harus mempertimbangkan merubah gaya hidup atau tetap bekerja setelah pensiun dan menabung lebih lama.

Baca juga: 4 Alasan Kamu Harus Pensiun Dini

Bayar sebagian atau seluruh hutang Anda
Pensiun dengan banyak hutang jelas jadi bencana. Cobalah untuk membayar cicilanmu sehingga kamu akan memiliki lebih banyak uang untuk hal lain.

Jika kamu tidak dapat membayar semua hutang, paling tidak pastikan tidak akan pensiun dengan hutang berbunga tinggi seperti kartu kredit. Usahakan kamu bisa melunasi semuanya sebelum pensiun.

Buat rencana anggaran kesehatan
Walaupun kamu memiliki lebih dari satu macam asuransi kesehatan untuk fleksibilitas dirimu ketika kamu memerlukan bantuan medis saat pensiun, kamu tidak akan pernah tahu apa yang terjadi dengan kesehatanmu saat pensiun nanti.

Asuransi yang kamu miliki mungkin menjanjikan menutup seluruh biaya keperluan perawatan kesehatanmu. Tetapi, kamu tetap harus memiliki uang yang disisihkan untuk menutupi biaya perawatan, karena tagihan besar hampir tidak bisa dihindari seiring bertambahnya usia kamu, dan mungkin asuransi hanya sanggup menutup sebagian saja.

Rencanakan bagaimana kamu akan mengisi waktu
Pensiun dapat menyebabkan depresi dan masalah kesehatan lainnya jika kamu tidak memiliki rencana untuk mengisi hari-hari pensiun kamu. Cobalah berkonsultasi dengan pasangan atau kolega yang sudah pensiun terlebih dahulu. Sehingga kamu bisa memastikan pensiun dengan bahagia.

Coba ambil langkah-langkah ini untuk mempersiapkan tahun-tahun emas kamu. Mulailah bekerja lebih giat dan cerdas untuk memastikan kamu bisa meninggalkan pekerjaan dengan lebih siap.

Editor: Feby Ferdian

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply