Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Wednesday, November 13, 2019
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Kesalahan Sepele yang Bikin Headphone Cepat Rusak

Dok. NewMusicBox

Topcareer.id – Sering beli headphone karen cepat rusak meski dalam jangka waktu kurang setahun? Wah, mungkin ada yang salah dengan cara pemakaiannya. Headphone dengan masa ketahanan yang lama pun akan cepat rusak jika penggunaannya salah.

Berikut beberapa kesalahan dalam menggunakan headphone yang bikin cepat rusak, seperti dilansir dari Make Use Of.

1. Membiarkan kabel menjuntai

Inilah cara lain untuk merusak headphone kabel panjang: membiarkan kabelnya menjuntai dari tepi meja, baik saat istirahat atau saat sedang digunakan.

Baca juga: Kegiatan Smartphone yang Mengganggu Produktivitas

Tali penggantung pada dasarnya ditekuk pada sudut 90 derajat, dan itu membuat tekanan yang tidak semestinya pada kawat internal di titik itu. Cobap pikirkan ketika ditekuk bolak-balik, itu akan pecah. Plus, jika kamu pernah menekan atau mencubit kabel ke tepi, itu bisa memotong kabel internal.

2. Lupa headphone sedang di kepalamu

Pernahkah ketika kamu asyik main game menggunakan headphone, lalu buru-buru harus ke kamar mandi, dan lupa bahwa di kepalamu ada headphone. Jepret. Mematahkan kabel seperti itu membuat banyak ketegangan mendadak pada kabel internal dan titik koneksi.

Headphone mungkin tidak rusak pada pertama, kedua, atau bahkan ketiga kalinya terjadi, tetapi kerusakannya bersifat kumulatif. Setiap jepretan kabel berjarak satu jepret lebih dekat ke kerusakan.

Baca juga: Kenapa Multitasking `Un-faedah` untuk Karyawan dan Perusahaan?

3. Bepergian tanpa case

Berhentilah melemparkan headphone dan earbud ke dalam saku, ransel, dompet, atau apa pun yang kamu miliki. Tidak peduli seberapa berhati-hatinya kamu, isi tas akan berdesakan. Ini akan menyebabkan kabel ditarik, diregangkan, diputar, ditekuk, dicubit, dihancurkan, dan rusak. Dan jika kamu membiarkan kabelnya tersambung ke ponsel misalnya, benda berat dapat menabrak dan merusak titik koneksi.

4. Menarik kabel, bukan steker

Ingatlah bahwa ketegangan pada kabelnya dapat merusak kabel internal. Namun dalam hal ini, kamu juga memberi tekanan ekstra, di mana kabel bertemu dengan steker. Lama-kelamaan, menarik dapat menyebabkan kabel internal putus dan terpisah dari steker.

Ini juga berlaku untuk earbud. Setelah selesai, apakah kamu menarik kabelnya untuk mengeluarkan tunas dari telingamu? Karena tekanan yang tidak merata, salah satu kabel internal akan putus, ini sebabnya kenapa earbudmu hanya bisa memutar audio dari satu sisi.

Baca juga: Harus Berapa Kali Bersihkan Handphone untuk Hindari Kuman?

5. Terkena keringat dan kelembaban

Elektronik dan air tidak berjalan bersamaan. Hal itu sama seperti bisa menggoreng smartphone atau laptopmu. Air dapat masuk ke headphone dan menggoreng elektronik di dalamnya, yaitu driver audio.

Keringat bisa menjadi masalah besar, terutama jika kamu mendengarkan musik saat berolahraga. Ikat kepala dapat mengurangi risiko keringat, tetapi kamu lebih baik memiliki headphone khusus untuk olahraga, yang memang dirancang dengan mempertimbangkan keringat. Kualitas audio mungkin bukan yang terbaik, tetapi setidaknya itu akan bertahan lama. *

Editor: Ade Irwansyah

hildailhamil@gmail.com'

Leave a Reply