Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Monday, November 18, 2019
redaksi@topcareer.id
Profesional

Begini Cara Penyiar Berita TV Kuasai Breaking News

Topcareer.id – Hari-hari ini, di kala suhu politik tengah menghangat, breaking news jadi andalan TV berita menggaet penonton. Tempo hari ada demo mahasiswa yang disertai kerusuhan, penusukan pada Menkopolhukam Wiranto, pelantikan presiden dan wakil presiden, hingga pengumuman kabinet baru.

Breaking news bisa berlangsung berjam-jam, mengganti jam tayang reluger. Memandu breaking news beda dengan memandu program berita reguler.

Menurut Woro Windrati, producer dan news anchor Kompas Pagi di Kompas TV, mengungkapkan pada Topcareer.id ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seorang anchor untuk sukses memandu breaking news.

Baca juga: Ini Tantangan Menjadi Associate Producer Siaran Berita TV, Tertarik?

Banyak membaca
Woro menyampaikan, dengan banyak membaca wawasan akan semakin luas. “Agar saat mendapat tugas breaking news bisa cepat menguasai hal yang harus segera diolah dan disampaikan beritanya,” katanya. Kurang wawasan akan menghambat proses persiapan breaking news. “Karena jadi terlalu banyak bertanya dan memakan waktu.”

Selalu siap
Seringkali breaking news memerlukan persiapan yang sangat singkat dan tidak ada naskah yang sempat dibuat. “Seorang news anchor harus selalu siap untuk membawakan breaking news kapanpun dibutuhkan walaupun tanpa naskah,” ujarnya. Woro menyarankan untuk sering berlatih menyampaikan berita tanpa naskah.

Baca juga: Lagi, Siaran Berita Live Diganggu Anak Kecil

Kreatif dan gerak cepat
Menyiapkan breaking news diperlukan kreativitas dan gerak cepat untuk bisa menyajikan berita singkat yang padat dan jelas. Breaking news juga harus bisa ditampilkan secara apik dan menarik perhatian para pemirsa televisi. “Kreativitas dan kecepatan mengolah informasi sangat diperlukan agar bisa segera disajikan dalam bentuk berita,” sarannya.

Rajin melakukan riset
“Dengan rajin melakukan riset, seorang news anchor akan bertambah pengalaman dan wawasannya,” ungkap Woro. Hal ini akan membuat news anchor cepat beradaptasi untuk terbiasa menyajikan berita singkat yang update dan berbobot.

Pandai merangkai kata dengan 5W 1H
Skill dasar ini sangat wajib dimiliki oleh para news anchor. “Breaking news tidak memiliki banyak waktu untuk persiapan. News anchor harus pandai merangkai kata untuk menyampaikan berita singkat tanpa melupakan aturan dasar 5W 1H,” ujar Woro.

Editor: Ade Irwansyah

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply