Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Wednesday, November 13, 2019
redaksi@topcareer.id
Profesional

News Anchor Kompas TV Ini Bagi Tips Pekerjaannya

Dok. Youtube

Topcareer.id – Apa beda news anchor atau news presenter? Mungkin banyak yang belum tahu. Istilah ini mulanya dipakai di Amerika Serikat dan Kanada.

News anchor tingkatannya lebih tinggi dari news presenter. Meski seorang news presenter sudah bertahun-tahun kerja di stasiun televisi, ia belum layak disebut sebagai news anchor jika belum turun ke lapangan sebagai reporter dan mengenal banyak narasumber.

Woro Windrati (38) Seorang news anchor dan producer untuk acara Kompas Pagi di Kompas TV mencapai posisinya sekarang sesudah melalui perjalanan karier cukup panjang. Ia mengawali karier sebagai Reporter di TRANS TV.

Baca juga: Begini Cara Penyiar Berita TV Kuasai Breaking News

Untuk menjadi news anchor yang handal, Woro membagi tipsnya pada Topcareer.id berikut ini:

Pengetahuan dan wawasan luas
Sebagai seorang news anchor bekal pengetahuan dan wawasan luas sangat wajib. “Karena news anchor bekerja tidak hanya menyampaikan berita saja, tetapi juga harus bisa menulis naskah hingga memproduksi berita,” ujar Woro.

Intonasi suara dan cara penyampaian
Menurut Woro, penting bagi seorang news anchor untuk melatih intonasi suara. “Agar dalam menyampaikan berita di televisi bisa terucap dengan jelas dan didengar jelas juga oleh para pemirsa,” ucapnya. Cara membawakan berita pun juga harus dilatih agar tidak membosankan.

Baca juga: Bekal yang Harus Dimiliki Jika Ingin Jadi Jurnalis Televisi

Mau belajar dan cepat belajar
Banyak sekali hal yang harus dipelajari untuk menjadi seorang news anchor. Tidak hanya cukup terlatih turun ke lapangan dan menjadi reporter, mereka juga harus belajar dengan cepat untuk bisa menulis berita dan menyampaikan dengan baik. “Dunia media sangat dinamis dan banyak hal baru sering terjadi, jika tidak punya keinginan untuk belajar yang cukup kuat dan cepat belajar, akan sulit untuk berkembang,” imbuhnya.

Bersikap baik
Seorang news anchor harus memiliki sikap yang baik. “Karena mereka juga sesekali harus bertemu dan berinteraksi langsung dengan narasumber.” *

Editor: Ade Irwansyah

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply