Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Wednesday, November 13, 2019
redaksi@topcareer.id
Profesional

Siaran Berita Pagi, News Anchor Harus di Kantor Jam 2 Dini Hari

Topcareer.id – News anchor merupakan profesi yang menarik. Seorang news anchor tampak bergengsi, bergaji tinggi dan bisa dikenal banyak orang karena bisa tampil di layar kaca. Itu tampak luarnya. Sebetulnya, pekerjaan news anchor tak ringan. Untuk membawakan acara berita pagi hari, seorrang news sudah ahrus tiba di kantor jam 2 dini harii!

Woro Windrati yang telah berpengalaman selama 14 tahun di dunia media televisi, Trans TV (sebagai reporter 2005-2011), dan Kompas TV (sebagai producer dan news anchor 2011 – saat ini) sangat menikmati profesinya dan terus belajar untuk mengembangkan diri.

Baca juga: Ini Suka Duka yang Akan Kamu Alami Bila Jadi Jurnalis Televisi

Baginya menjalani pekerjaan sebagai news anchor acara Kompas Pagi yang tayang setiap hari tayang pada pukul 04.30 hingga 07.00 pagi dari Senin sampai Jumat merupakan pengalaman menyenangkan. Dilihat dari jam tayang acara, coba bayangkan sejak kapan kira-kira ia harus mulai mempersiapkan diri setiap harinya?

“Saya mulai bersiap setiap harinya sejak jam 2 dini hari sudah berada di Kompas TV. Preparation menerima naskah dan membaca rundown acara seluruhnya, mempelajari materi, lalu jam 4 pagi make up, dan tidak lupa sebelum on air masuk studio saya melakukan pengecekan standar seperti memastikan earpiece dan clip on berfungsi dengan baik semua.” ungkapnya pada Topcareer.id.

Untuk bisa menjadi news anchor seperti dirinya, harus melewati pengalaman sebagai reporter terlabih dahulu. Bagi kamu yang ingin menjadi seorang news anchor bisa mengambil studi jurusan broadcasting.

Baca juga: News Anchor Kompas TV Ini Bagi Tips Pekerjaannya

Menjadi seorang news anchor memiliki suka dukanya tersendiri. Selalu ada duka pada setiap pilihan karier yang diambil. Bagi seorang news anchor pagi tetap harus selalu siap untuk menyajikan berita terutama saat ada breaking news, ini berarti harus siap mengorbankan waktu untuk kehidupan pribadi karena jam kerja menjadi lebih lama.

Selesai siaran pagi masih harus rapat redaksi dan mengerjakan materi untuk breaking news, dan tanggal merah pun tetap harus tampil menyajikan berita. Tetapi di sisi lain, hal menyenangkan pun tetap ada seperti banyaknya pengalaman dan pelajaran bisa diambil pada profesi ini. Kamu juga bisa memiliki networking yang sangat luas.

Jika kamu berpikir menjadi news anchor akan menyita waktumu sehingga kamu tidak bisa mengembangkan dirimu di luar profesi ini, kamu salah. Woro yang sudah bertahun-tahun menjalani profesi sebagai producer merangkap news anchor tetap bisa melakukan aktivitas positif lain di luar jam kerjanya seperti mengajar kuliah broadcasting di STIKOM Interstudi. Ia pun lancar menyelesaikan studi S2 nya, bahkan kehidupan pribadinya dengan keluarga seolah tak terganggu oleh kesibukan dari profesinya. *

Editor: Ade Irwansyah

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply