Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Configuration error or no pictures...

SKILLS.ID

Subscribe to Our Channel

Rabu, Oktober 5, 2022
redaksi@topcareer.id
Profesional

Banyak yang Resign? Ini 5 Cara Menekan Turnover Karyawan

shutterstock_1130683631-minDok. Shutterstock

Berikan penghargaan
Karyawan membutuhkan dukungan dan pengakuan. Ketika karyawan melakukan sesuatu dengan benar, perusahaan sebaiknya menunjukkan penghargaan. Tunjukkan pada mereka bahwa perusahaan melihat kerja keras mereka.

Tujuannya di sini untuk menciptakan lingkungan kerja yang positif dan menggembirakan. Ketika karyawan merasa dihargai, diakui, diinginkan, dan termotivasi, mereka lebih cenderung bertahan. Metode ini cukup efektif.

Tunjukkan jalur perkembangan karier
Jika karyawan mandek dalam satu posisi jabatan kerja terlalu lama, mereka bisa mencari pekerjaan lain di mana mereka dapat maju dan berkembang. Karyawan ingin meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka serta naik tangga karier. Dengan menunjukkan kepada karyawan jalur karier yang diproyeksikan akan memberi mereka arah dan tujuan.

Perusahaan bisa membantu karyawan maju di sepanjang jalur karier mereka. Berikan mereka pelatihan dengan merekomendasikan cara untuk maju. Beri karyawan kesempatan untuk mempelajari keterampilan baru dan melatihnya. Ini bisa membuatnya loyal.

Baca juga: Ini Tanda-tanda Kamu HSP Alias Sensitifan

Ijinkan jadwal kerja fleksibel
Jika memungkinkan, izinkan jadwal kerja yang fleksibel bagi karyawan. Terutama bagi pekerjaan yang bisa dikerjakan dari luar kantor. Ini memungkinkan karyawan menyesuaikan waktu dan lokasi kerja mereka. Karyawan dapat menciptakan keseimbangan kehidupan kerja untuk diri mereka sendiri.

Jadwal kerja yang fleksibel akan membuat karyawan betah bekerja dan bisa meningkatkan produktivitas. Namun memang fleksibilitas kerja dari luar kantor tidak memungkinkan untuk semua jenis pekerjaan. Tetapi masih ada cara lain yang bisa menawarkan fleksibilitas seperti waktu makan siang yang fleksibel.

Turnover karyawan tidak bisa dihilangkan sepenuhnya. Tapi, perusahaan bisa menguranginya dengan menyediakan tempat kerja yang memberi banyak kemudahan dan membuat karyawan betah. *

Editor: Ade Irwansyah

the authorRino Prasetyo

Tinggalkan Balasan