Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Monday, November 18, 2019
redaksi@topcareer.id
Profesional

Miliarder Ini Sebut 2 Keterampilan yang Bantu Raih Karier Cemerlang

Ray Dalio (Dok. Market Watch)

Topcareer.id – Siapa yang tak ingin punya karier yang memuaskan, dan menguntungkan secara finansial? Rasanya itu merupakan mimpi kebanyakan orang. Miliarder, Ray Dalio percaya mimpi itu bisa dicapai dengan dua keterampilan.

Dua keterampilan yang dimaksud Ray, yakni kreativitas dan fleksibilitas. Dalio adalah pendiri hedge fund terbesar di dunia, Bridgewater Associates, yang mengelola aset sekitar USD160 miliar.

“Untuk memiliki uang yang kamu butuhkan dan pekerjaan yang diinginkan, kamu harus kreatif dan fleksibel,” tulis Dalio dalam posting LinkedIn dan dikutip oleh CNBC Make It.

Baca juga: 30 Hari Mencari Kerja: Tips Agar Lekas Punya Penghasilan

Dia telah menulis dalam buku sebelumnya tentang kepemimpinan dan kesuksesan. Jadi mengapa yang dibutuhkan adalah sifat-sifat itu?

Jika kamu belum bisa mengubah passion menjadi pekerjaan yang disertai dengan gaji masuk akal, Dalio mengatakan bahwa kamu harus menjadi kreatif dan fleksibel dalam memikirkan kembali bagaimana passion kamu dapat diterjemahkan.

“Mulailah dengan berpikir keras tentang apakah ada sesuatu yang kamu sukai tentang itu tapi bisa dibayar dengan baik,” tulis Dalio.

“Jangan terlalu sempit dalam memikirkan apa yang membuatmu bersemangat dan apa yang membawa uang untukmu. Jadilah pintar dan membuat beberapa kompromi. Semakin pintar dirimu, semakin sedikit kompromi yang harus kamu buat.”

Baca juga: Ingin Ganti Karier? Gunakan Tips Ini

Sebagai contoh, Dalio menyebutkan seorang temannya yang suka melukis, tetapi belum bisa menjual lukisannya dengan uang yang cukup untuk menghidupi dirinya dan keluarganya.

Kompromi? Teman Dalio memiliki karier sebagai artis komersial, yang punya bayaran cukup baik tapi juga memungkinkan dia untuk melakukan passionya. Teman itu juga memiliki kebebasan untuk melukis demi kesenangan pribadi di waktu luangnya.

“Saya telah menemukan bahwa kebanyakan orang dapat menemukan karier yang memberikan kepuasan kerja dan uang yang baik untuk memiliki kehidupan yang baik jika mereka cukup pintar dan tidak terlalu pemilih,” tulis Dalio.

Dan, tentu saja, ketika harus menemukan jalan terbaik, kamu bisa mencari bantuan dan saran dari orang-orang di sekitarmu yang kamu percayai.

“Memecahkan teka-teki ini, seperti menyelesaikan semua teka-teki dalam hidup, paling baik dilakukan dengan 1) mencari nasihat terbaik yang bisa didapat dari orang-orang terpercaya, dan 2) melalui coba-coba, kesalahan, dan tekad yang kuat,” kata Dalio. *

Editor: Ade Irwansyah

hildailhamil@gmail.com'

Leave a Reply