Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Friday, November 15, 2019
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Ini Yang Harus Dilakukan Perusahaan Saat Musim Libur Tiba

Ilustrasi. Sumber foto: NBC NewsIlustrasi. Sumber foto: NBC News

Topcareer.id – Tak melulu menyenangkan, liburan juga merupakan waktu yang paling tidak produktif di tempat kerja. Pada umumnya, hawa liburan akan mendatangkan rasa malas di benak para karyawan. Tetapi perusahaan harus tetap berjalan bukan?

Sebagai pemilik atau manajer perusahaan, kamu harus tetap memastikan karyawan tetap mengerjakan dan menyelesaikan tugas mereka dengan benar dan tepat waktu.

Dilansir dari Brendamarreropr.com, (Selasa (29/10/2019), berikut beberapa tips yang dapat kamu coba untuk meningkatkan produktivitas karyawan selama musim liburan tiba.

Menawarkan jam kerja yang fleksibel
Cobalah untuk meminta karyawan untuk tetap menyelesaikan tugasnya, namun dengan menawarkan jam kerja yang fleksibel. Ini akan meningkatkan produktivitas kerja mereka walau dalam suasana libur.

Ingat, tidak penting mereka mengerjakan kapan dan dimana, yang penting mereka dapat menyelesaikan hasilnya sesuai dengan deadline!

Buat suasana yang menyenangkan
Tunjukan bahwa kamu peduli akan kesenangan yang dibutuhkan oleh setiap karyawan. Kamu juga bisa menghias kantor dengan dekorasi yang meriah atau menggelar acara khusus.

“Belajar dari pengalaman, kami telah menemukan bahwa melakukan sesuatu yang istimewa untuk staf kami, seperti mengadakan pesta Natal akan membantu karyawan merasakan kebahagian dan lebih produktif di saat produktivitas mereka menurun,” ujar CEO of human resources firm BMA Group, Brenda Marrero.

Perusahaan juga sebaiknya memberikan makanan sebagai tanda terimakasih karena mereka telah bekerja selama liburan berlangsung.

Survei yang dilakukan Seamless Corporate Accounts mengungkapkan 57% responden yang mendapatkan bonus makanan merasa lebih dihargai. Mereka akan mencintaimu karenanya!

Baca juga: Staycation, Liburan Hemat Ala Anak Milenial

Berikan hadian dan penghargaan
Semakin karyawan merasa dihargai, semakin meningkat pula produktivitas mereka. Kamu bisa mempertimbangkan untuk memberikan hadiah kecil yang sederhana dan menambahkan tulisan tangan sebagai ucapan terimakasih.

Menurut laporan Globoforce Workforce Mood Tracker, 86% karyawan mengatakan bahwa pemberian penghargaan dapat memotivasi mereka dalam bekerja.

Beri kelonggaran
Cobalah untuk sedikit memberi kelonggaran rutinitas kepada karyawan. Jika mereka memiliki keperluan, izinkan mereka mengurus keperluannya terlebih dahulu atau sesekali izinkan mereka bekerja dari rumah.

Dengan begitu, mereka akan menunjukkan rasa terima kasihnya dalam bentuk produktivitas. Penelitian menunjukkan bahwa memberikan waktu istirahat dapat meningkatkan produktivitas, serta membuat mereka semangat untuk kembali bekerja.

Buat family gathering
Kamu dapat mengadakan acara family gathering dengan berkunjung ke taman hiburan atau tempat-tempat tertentu yang dapat membuat kamu dan karyawan bersenang-senang.

Walau hanya sehari, hal itu akan sangat berguna untuk merefresh otak dan membuat mereka lebih loyal terhadap perusahaan.

Editor: Feby Ferdian

the authorSherley Agnesia

Leave a Reply