Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Friday, November 15, 2019
redaksi@topcareer.id
Profesional

Jenis Pekerjaan yang Cocok untuk Si Super Sensitif

Dok. medium

Topcareer.id – Orang dengan kepribadian yang super sensitif atau HSP (highly sensitive person) belum tentu peluang kariernya kecil. Orang yang sangat sensitif juga memiliki banyak kekuatan sebagai karyawan.

Bahkan, mereka memberikan bakat unik yang tidak dimiliki banyak pekerja lain. Sebagai contoh, HSP mendukung dan membesarkan hati orang-orang di sekitarnya. Mereka mendengarkan orang lain, memperhatikan detail, dan memikirkan semuanya sebelum bertindak.

Berikut rekomendasi utama untuk orang-orang yang sensitif, berdasarkan saran O’Laughlin:

Baca juga: Ini Tanda-tanda Kamu HSP Alias Sensitifan

1. Pekerjaan kepedulian

Kategori luas ini mencakup karier seperti perawat, dokter, dan ahli terapi fisik, serta pekerja sosial, psikoterapis, dan pelatih pribadi. Bidang-bidang ini memainkan kekuatan HSP, termasuk empati, kasih sayang, dan kesadaran intuitif akan kebutuhan orang lain.

2. Profesional yang kreatif

Ini termasuk peran seperti desainer grafis, copywriter, animator, desainer set film, siapapun yang menempatkan bakat artistik mereka untuk bekerja sebagai pekerjaan harian. Profesi ini dapat menjadi cara yang bagus untuk membangun pengalaman profesional dan mendapatkan uang sambil mengembangkan bakat sebagai seorang seniman.

3. Akademisi

Akademisi bisa kompetitif, tetapi juga cenderung bergerak dengan kecepatan bijaksana yang memungkinkan HSP menggunakan kekuatan mereka. Kamu dapat melakukan pekerjaan yang hati-hati dan fokus di mana wawasan mendalam dihargai. Kamu juga dapat menghabiskan waktu mengajar dan membantu siswa.

Baca juga: Siapa Bilang Orang Sensitif Tak Bisa Berkarier?

4. Pemilik bisnis

Sebagai seorang karyawan, banyak HSP merasa dilewatkan untuk promosi, seolah-olah mereka tidak memiliki materi kepemimpinan. Tapi itu tidak benar. HSP dapat menjadi kuat sebagai kepala perusahaan. Banyak bisnis kecil yang paling sukses, seperti butik, galeri, dan kedai kopi, dapat berkembang ketika dikepalai oleh orang yang sensitif.

HSP akan menciptakan suasana yang ramah dan menenangkan, mendesain ruang yang benar-benar menonjol; dan membangun tim yang setia.

5. Profesional nirlaba

Pekerjaan nirlaba bisa sama menegangkannya dengan pekerjaan sektor swasta. Banyak nirlaba tidak terorganisasi dengan baik. Tapi jangan biarkan itu menghalangimu. Ada banyak nirlaba di mana budaya itu sehat, kooperatif, dan fokus pada penciptaan yang benar-benar baik di dunia. Profesi nirlaba yang sangat baik untuk HSP meliputi peran administratif, direktur eksekutif, pemasaran, manajer keanggotaan.

6. Profesional IT

Pengkodean atau coding adalah proses yang sangat kreatif. Baik dilakukan oleh seseorang yang berorientasi pada detail dan intuisi yang kuat. Itu berarti bahwa HSP memiliki keunggulan berbeda sebagai insinyur perangkat lunak, pengembang situs web, atau dalam peran apapun yang memerlukan pengetahuan teknologi.

Banyak pekerjaan teknologi juga memiliki suasana kerja yang lebih santai dan fokus pada pekerjaan jarak jauh, yang juga merupakan anugerah bagi orang-orang yang sangat sensitif. *

Editor: Ade Irwansyah

hildailhamil@gmail.com'

Leave a Reply