Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Thursday, November 21, 2019
redaksi@topcareer.id
Profesional

Bekerja dari Jarak Jauh Terdengar Asyik. Tapi Ini Kekurangannya

Dok. Ariahosted.com

Topcareer.id – Berkat teknologi kini karyawan bisa bekerja dari jarak jauh. Kini tidak lagi faktor penghalang bagi perusahaan mempertimbangkan gagasan mempekerjakan pekerja jarak jauh (remote workers).

Dikutip dari medium.com, Senin (04/11/2019), sudah banyak dibicarakan mengenai keuntungan dari remote workers seperti fleksibilitas dan menghemat pengeluaran. Namun bagaimana dengan kekurangannya?

Berikut ini beberapa kekurangan dari remote workers yang bisa dijadikan pertimbangan perusahaan mengambil kebijakan tersebut.

Baca juga: Alasan Bekerja dari Rumah adalah Tren Kerja di Masa Depan

Minim kolaborasi
Meski teknologi kian maju, masih belum ada lingkungan yang sempurna untuk kolaborasi secara fisik bersama rekan kerja. Minimnya kolaborasi langsung bisa menyebabkan kesenjangan komunikasi antar anggota tim dan mengakibatkan perbedaan persepsi dalam menghadapi klien dan berisiko melakukan pekerjaan yang berulang.

Tidak ada happy hour
Sebagai remote workers kamu bisa kehilangan banyak peluang bersosialisasi dengan teman-teman. Dalam beberapa hal, ini bisa menjadi nilai tambah misalnya ketika kamu ingin benar-benar fokus pada suatu proyek. Tapi di sisi lain, itu bisa mengisolasi dirimu dari bersosialisasi karena terus-terusan bekerja di rumah.

Biasanya para remote workers mensiasatinya dengan mengambil kesempatan sesekali untuk bekerja di luar agar bisa bertemu bersama tim remote workers lainnya. Bagaimana pun juga manusia adalah mahluk sosial.

Baca juga: Agar Kerja di Rumah Berasa Seperti di Kantor

Adanya gangguan
Hanya karena kamu tidak akan mendapat gangguan dari teman kerja yang mondar-mandir lewat di depan kamu saat bekerja tidak berarti bahwa remote workers bebas dari gangguan.

Bekerja dari jarak jauh memiliki gangguannya sendiri, tergantung pada keadaan masing-masing pekerja. Misalnya, seorang ibu atau ayah mungkin menghargai gagasan anaknya untuk bekerja dari rumah. Tetapi tiba-tiba orang tua menugaskan anaknya untuk mengerjakan juga pekerjaan rumah secara bersamaan.

Itulah beberapa kekurangan dari remote workers. Seperti halnya sebagian besar paradigma baru yang mengubah dunia saat ini, bekerja dari jarak jauh hadir dengan keuntungan dan kekurangan yang signifikan.

Tetapi karena teknologi terus maju dan dunia luas semakin terhubung, jelas bahwa kerja jarak jauh akan memainkan peran penting di masa depan bisnis. *

Editor: Ade Irwansyah

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply