Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Friday, November 15, 2019
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Baru Lulus Kuliah? Lakukan Ini Sebelum Dapat Pekerjaan Full Time

Topcareer.id – Rentang waktu antara lulus kuliah dan mendapat pekerjaan full time bisa membuat stres. Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa ini sebenarnya waktu terbaik untuk melakukan semua hal yang kamu inginkan.

Manfaatkan waktu ini sebaik-baiknya, mengutip Forevertwentysomething.com, Selasa (05/11/2019), kamu bisa lakukan hal-hal ini sebelum mulai bekerja full time.

Pelajari sesuatu yang baru
Kamu sudah menghabiskan beberapa tahun terakhir mempelajari keterampilan yang dibutuhkan untuk jurusan kamu. Sekarang kamu punya kesempatan untuk mempelajari sesuatu yang benar-benar menyenangkan yang tidak diajarkan di ruang kuliah. Kamu bisa memperdalam keterampilan berbahasa asing, entah Inggris atau Mandarin, yang akan sangat berguna kelak.

Baca juga: 5 Keuntungan Bekerja Sambil Kuliah

Traveling
Mengisi gap waktu antara lulus dan dapat kerja full time kamu bisa melakukan aktivitas traveling yang seru. Ada begitu banyak tujuan di seluruh Indonesia sehingga kamu dan teman-temanmu bisa memiliki waktu yang benar-benar tak terlupakan. Khawatir tentang uang? Cobalah menginap di rumah teman dekatmu yang tinggal di luar kota.

Perbaiki resume
Kamu harus menikmati waktu sebelum mulai bekerja full time. Namun masih ada beberapa pekerjaan yang harus dilakukan. Luangkan waktu untuk menyempurnakan resume kamu. Coba konsultasikan dengan sesama lulusan dan profesional yang kamu kenal untuk memastikan resume kamu benar-benar baik.

Menabung
Sebelum mulai bekerja full time, cobalah untuk mendapatkan uang dengan pekerjaan part time atau freelance. Itu akan menjadi cara yang baik untuk mendapatkan uang tambahan saat kamu mencari pekerjaan full time, dan tentunya juga bisa menambah pengalaman kamu.

Baca juga: Setelah Lulus Kuliah Sebaiknya Kerja di Mana?

Pikirkan tentang apa yang kamu ingin dalam hidup
Ini mungkin terdengar sepele, tetapi kamu harus memikirkan ingin jadi apa kami dalam lima tahun dari sekarang. Sebelum memulai pekerjaan full time, kamu bisa melakukan brainstorming apa yang paling penting bagi kamu sehingga kamu bisa berusaha mewujudkannya.

Membaca
Kamu bisa membaca buku yang menyenangkan. Silahkan nikmati membaca semua buku yang mungkin kamu lewatkan dalam beberapa tahun terakhir.

Jangan terlalu stres
Waktu sebelum kamu mendapatkan pekerjaan full time pertama kali sangat menegangkan. Kamu mungkin masih tidak yakin dengan apa yang ingin kamu lakukan. Apa pun situasinya, hal terbaik yang bisa kamu lakukan adalah berusaha untuk tidak terlalu banyak stres. Jadi nikmati saja saat kamu mempersiapkan segalanya yang akan dibawa oleh tahap selanjutnya. *

Editor: Ade Irwansyah

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply