Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Monday, November 18, 2019
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Karyawan Berpakaian Tidak Baik? Begini Menyikapinya

Ilustrasi. Sumber foto: BustleIlustrasi. Sumber foto: Bustle

Topcareer.id – Penampilan merupakan hal penting bagi seorang profesional, terutama di tempat kerja. Sebagai seorang profesional, kamu harus memperhatikan pakaian apa yang akan kamu kenakan untuk bekerja.

Lalu, Bagaimana sebaiknya perusahaan menyikapi karyawan yang berpakaian dengan style kurang baik? Melansir hiring.workopolis.com, Jumat (08/11/2019), Ini langkah yang harus kamu lakukan:

Konsultasikan dengan kebijakan kantor
Langkah pertama berkonsultasi dengan kebijakan kantor. Seorang manajer harus terlebih dahulu menyadari jika kekhawatiran mereka terhadap pilihan pakaian karyawan hanyalah preferensi pribadi.

Jika perusahaan tidak memiliki kebijakan dress code, ini saat yang tepat untuk dikonsultasikan secara internal.

Lakukan percakapan secara pribadi
Setelah mengetahui dress code apa yang bisa diterima di kantor, mintalah untuk bertemu dengan karyawan bersangkutan secara pribadi di ruang rapat atau ruang rapat tertutup.

Percakapan harus bijaksana dan berorientasi bisnis, jangan membanting selera mode mereka atau membuat penilaian moral.

Berikan beberapa alasan. Entah itu tidak cukup profesional, atau terlalu santai dan terbuka. Selain itu, pertahankan nada bicara positif, beberapa karyawan tidak benar-benar menyadari bahwa mereka telah berpakaian melewati batas.

Baca juga: Yuk Perbaiki Penampilan di Tempat Kerja, Begini Caranya

Diskusikan perbaikan bersama
Setelah menjelaskan mengapa pakaian itu tidak sesuai, berikan contoh jenis pakaian apa yang lebih cocok dan libatkan karyawan dalam percakapan itu, biarkan mereka juga menyampaikan idenya.

Mulai diskusi yang lebih lanjut
Setelah menyelesaikan pilihan pakaian kantor satu karyawan, sebagai manajer kamu harus lebih bijak khususnya di bulan-bulan musim panas ketika pilihan mode bisa menjadi lebih kasual.

Tetapkan pedoman yang jelas dan terperinci tentang style berpakaian seperti apa yang diizinkan di tempat kerja, dan apa yang tidak.

Tunjukkan contoh pakaian kantor yang sesuai untuk mengurangi kebingungan dan memastikan semua orang ada pada pemikiran yang sama.

Editor: Feby Ferdian

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply