Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Wednesday, November 13, 2019
redaksi@topcareer.id
Tips Karier

Ini Tips Sukses Buat Kamu yang Menjabat Operation Manager

Dok. Pinterest

Topcareer.id – Dengan semakin berkembangnya perusahaan toko-toko retail, menjadikan profesi operation manager banyak dicari.

Pekerjaan mereka secara garis besar meliputi perencanaan, strategi, pengembangan, produksi, dan distribusi. Mereka berhubungan dengan banyak departemen lain untuk memastikan barang diproduksi dan dikirim dengan benar.

Dikutip dari Thereceptionist.com, berikut ini tips untuk menjadi seorang operation manager sukses.

Baca juga: Ingin Menjadi General Manager Hotel? Baca Ini Dulu

Selalu memastikan fokus pada metrik yang tepat
Operation manager bisa memiliki berbagai tujuan, dari mengurangi waktu dan biaya produksi hingga meningkatkan jumlah barang yang diproduksi. Tetapi hampir di semua bisnis, angka yang paling penting adalah angka yang menunjukkan apakah pelanggan senang dengan pengalaman dan pembelian mereka. Operation manager harus fokus pada pelanggan dan mengembangkan metrik di sekitar kebutuhan pelanggan.

Selalu gunakan data untuk identifikasi masalah
Salah satu tugas operation manager untuk menemukan dan menghilangkan hambatan yang menghambat produksi. Dibutuhkan analisis yang cermat untuk mengidentifikasi masalah. Operation manager harus memahami bahwa pekerjaan mereka tentang data. Jika kamu tidak dapat mengukur sesuatu, tidak ada cara untuk mengetahui apakah ada peningkatan atau tidak.

Baca juga: 6 Keterampilan Wajib Seorang Product Manager

Investasi dengan teknologi terbaru
Meskipun berinvestasi dalam teknologi baru mungkin tampak seperti kemewahan, dalam banyak kasus itu bisa menjadi faktor yang membuat bisnis kamu kompetitif. Dengan mengikuti perkembangan teknologi yang relevan dengan jenis usahanya, operation manager akan mendapat banyak kemudahan dalam menjalankan tugasnya

Berkomunikasi dengan baik
Menganalisis inefisiensi dan mengidentifikasi masalah hanyalah langkah pertama dalam meningkatkan operasional. Langkah selanjutnya memastikan bahwa seluruh staf mengerti bagaimana memperbaiki masalah-masalah itu atau mengubah perilaku mereka sehingga perbaikan dapat dilakukan.

Operation manager harus memiliki rencana tentang bagaimana mereka akan menyampaikan pesan kepada staf dan bagaimana mereka akan menjelaskan cara menyelesaikan masalah tersebut. Komunilasi yang baik sangat penting. *

Editor: Ade Irwansyah

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply