Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Saturday, November 23, 2019
redaksi@topcareer.id
Profesional

Sisi Negatif Penggunaan Artificial Intelligence (AI) dalam Industri

Dok. AARP

Topcareer.id – Perkembangan teknologi telah memberikan tempat yang luas untuk Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan.Banyak perusahaan modern telah menggunakan AI untuk membantu meningkatkan produktivitasnya.

Memang benar AI memberikan beberapa keuntungan yang signifikan bagi perkembangan perusahaan. Namun mangutip Thecrazyprogrammer.com, AI juga memiliki sejumlah kekurangan.

Biaya tinggi
Hardware dan software AI perlu diperbarui untuk memenuhi persyaratan terbaru. Mesin perlu perbaikan dan pemeliharaan yang membutuhkan banyak biaya.

Baca juga: Jangan Takut dengan Robot

Menambah pengangguran
Meningkatnya penggunaan mesin AI mengakibatkan masalah pengangguran. Ketika mesin menggantikan sumber daya manusia, tingkat orang yang kehilangan pekerjaan akan meningkat. Karena mesin bisa bekerja tanpa istirahat. Ini lebih menguntungkan industri daripada bekerja dengan orang-orang yang membutuhkan istirahat. Mesin melakukan pekerjaan seperti yang diprogram untuk dilakukan tanpa kesalahan. Sementara kesalahan bisa terjadi pada manusia.

Tidak bisa think out of the box
Robot AI hanya bisa melakukan pekerjaan yang diprogram untuk mereka lakukan. Mereka tidak bisa bertindak di luar hal yang berbeda dari algoritma atau pemrograman yang disimpan dalam sirkuit internal mereka. Dalam hal berpikir kreatif, tidak ada yang bisa mengalahkan pikiran manusia.

Pikiran datang dari emosi dan pengalaman yang tidak bisa dilakukan mesin. Jadi robot AI tidak bisa berpikir think out of the box, sementara ribuan pikiran dan ide baru muncul dalam benak manusia.

Baca juga: Robo Advisor Geser Peran Financial Advisor?

Tidak punya perasaan
Tidak ada keraguan bahwa mesin atau robot AI jauh lebih baik dalam hal bekerja secara efisien tetapi mereka tidak bisa menggantikan koneksi manusia yang membuat tim. Mesin tidak bisa mengembangkan ikatan perasaan dengan manusia.

Bergantung pada mesin
Zaman sekarang sebagian besar orang sangat bergantung pada aplikasi seperti Siri, google maps, dll. Dengan begitu jadi banyak bantuan dari mesin, jika manusia tidak mengeluarkan kemampuan berpikir mereka lagi, kemampuan manusia akan berkurang secara bertahap.

Di masa depan dengan penggunaan AI yang semakin umum manusia bisa menjadi sepenuhnya bergantung pada mesin dan kehilangan kapasitas mentalnya. *

Editor: Ade Irwansyah

rinoprasetyo16@gmail.com'
the authorRino Prasetyo

Leave a Reply