Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Friday, November 15, 2019
redaksi@topcareer.id
Lifestyle

Cuci Tangan, Cara Murah Jauhi Penyakit

Dok. Getty Images

Topcareer.id – Berapa kali kamu mencuci tangan dalam sehari? Cuci tangan mungkin kegiatan yang terdengar sepele, apalagi bagi kita yang bekerja di dalam ruangan dan selalu makan dengan sendok dan garpu, bisa jadi kepedulian kita pada aktivitas tersebut jadi tidak terlalu besar.

Padahal, meski sepele, cuci tangan amat besar manfaatnya. Berikut ini sederet manfaat kesehatan yang bisa diperoleh dengan mencuci tangan

Mengurangi risiko kesehatan
Cuci tangan menjadi contoh aktivitas sederhana paling penting dalam sejarah dunia kesehatan. Dr Ignaz Semmelweis dari rumah sakit Vienna di abad 19, mewajibkan para suster untuk mencuci tangan sebelum menangani pasien.

Kebiasaan ini terbukti mengurangi angka kematian yang sangat tinggi saat itu. Penelitian membuktikan virus berpindah dengan cepat dari tangan ke tangan.

Baca juga: Saran Para Ahli Diet Saat Berbelanja Makanan Sehat

Mengurangi risiko diare dan masalah pencernaan
Cuci tangan mengurangi risiko penyakit diare dan pencernaan pada anak-anak. WHO mencatat, diare masih menjadi salah satu penyebab kematian pada anak-anak di bawah usia 5 tahun, di seluruh penjuru dunia.

Sentuhan dengan berbagai macam bakteri atau zat berbahaya lainnya yang menyebabkan penyakit dapat dicegah dengan mencuci tangan memakai sabun. Cuci tangan juga efektif mencegah penyebaran cacing pada anak-anak.

Mencegah infeksi mata
Penyebaran bakteri yang menyebabkan infeksi pada mata, seperti trachoma, dapat dikurangi dengan mencuci tangan secara reguler. Mencuci tangan juga menghindari iritasi dan mata merah.

Baca juga: 50 Persen Milenial Resign karena Kesehatan Mental

Segala macam masalah kesehatan mata itu tidak hanya menyebabkan rasa sakit, perih, sensitif terhadap cahaya, tapi juga masaah penglihatan. Hal yang paling diperhatikan adalah penyebaran virus saat terjadi kontak di mata kamu.

Mengurangi risiko infeksi pernapasan
Kamu dapat menurunkan risiko berkembangnya masalah pernapasan akut dengan memperkenalkan cara mencuci tangan yang baik pada anak-anak. Sejumlah zat patogen diasosiasikan dengan diare dan masalah kesehatan pernapasan dan ditemukan pada tangan-tangan yang belum dicuci.

Penelitian kesehatan di Pakistan yang dilakukan 7 tahun lalu menemukan, radang paru-paru pada anak usia di bawah 5 tahun bisa ditekan setengahnya setelah program cuci tangan dengan sabun. *

ade.irwansyah@gmail.com'
the authorAde Irwansyah

Leave a Reply