Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Wednesday, December 11, 2019
redaksi@topcareer.id
Info Lowongan Kerja

Ini Langkah BKN Antisipasi Membludaknya Pengunjung Website CPNS

Ilustrasi. Sumber foto: Liputan6.comIlustrasi. Sumber foto: Liputan6.com

Topcareer.id – Yuhuu, siap-siap! Pukul 23.11 WIB, Senin (11/11/2019) pelamar CPNS sudah bisa mendaftar di portal resmi Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN).

Badan Kepegawaian Negara (BKN) pun bersiap mengantisipasi website eror atau down saat pengunjung membludak.

Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN, Suharmen mengakui besarnya antusiasme masyarakat terhadap pendaftaran CPNS di tahun ini.

Untuk itu, BKN siap mengantisipasi dengan beberapa strategi khusus supaya semua proses bisa berjalan lancar.

“Pagi ini saya cek sudah di posisi 2 giga, dengan hit orang yang masuk sekitar 20 ribuan pada saat yang bersamaan. Sekitar jam 10 pagi, kami berkomunkasi dengan Telkom, lalu kami up lagi ke 5 giga,” kata Suharmen kepada rekan pers di Gedung BKN, Jakarta Timur, Senin (11/11/2019).

“Hal-hal seperti ini akan selalu kami evaluasi sehingga kemungkinan-kemungkinan kami stuck di sisi sistem, bisa kami antisipasi,”

Baca juga: Penyandang Disabilitas Bisa Ikut Seleksi CPNS 2019. Ini Ketentuannya

Menurut Suharmen, antisipasi yang dilakukan juga mencakup fasilitas penggunaan server website. Standarnya, jika bicara pengalaman pendaftaran CPNS tahun lalu (2018), ada sekitar 3 server yang digunakan.

Tapi, untuk tahun ini dinaikkan lagi hingga 5 server karena sudah mulai banyak orang yang masuk meski hanya melihat-lihat saja, belum mendaftar untuk memiliki akun.

Begitu juga dengan fasilitas penyimpanan pada website, mengingat para pendaftar nanti dituntut untuk mengunggah sejumlah dokumen kelengkapan.

“Ada masing-masing 5 persyaratan umum yang harus diupload. Maka perubahan storage akan lebih besar, kami sudah menggunakan 5 tera. Tapi ini subject to jadi akan kami up lagi dengan cepat, kalau nanti kapasitasnya sudah mendekati sekitar 50-60 persen dari 5 tera itu,” ujarnya.

Baca juga: Ini Soal yang Akan Keluar pada Seleksi CPNS 2019

Lima dokumen yang dimaksud, yakni hasil pindai KTP, foto resmi yang tidak sama dengan foto di KTP, foto selfie boleh bergaya, hasil pindah ijazah, dan transkrip nilai asli.

Pendaftaran online CPNS diagendakan dibuka mulai 11 November pukul 23.11 WIB sampai 24 November 2019. Proses dilanjutkan dengan pengumuman hasil seleksi administrasi pada 16 Desember 2019.

hildailhamil@gmail.com'

Leave a Reply