Find Us on Facebook

Instagram Gallery

Follow @topcareerid Instagram

SKILLS.ID

Friday, December 6, 2019
redaksi@topcareer.id
Sosok

Mengenal Zhang Yiming, Pendiri TikTok yang Misterius

Zhang Yiming. (dok. Business Insider)

Topcareer.id – Menelurkan kreator-kreator berbakat, TikTok menciptakan generasi baru bintang sosial media. Di balik Tik Tok ada Zhang Yiming, berusia 35 tahun, yang mendirikan perusahaan induk aplikasi ByteDance.

Forbes memperkirakan, saat ini kekayaan bersih Zhang mencapai USD16,2 miliar. Meski jadi orang terkaya ke-13 di Cina yang diperingkat oleh Bloomberg Billionaires Index, Zhang merupakan pribadi yang sangat menjaga kehidupan privasinya. Business Insider mengumpulkan beberapa hal terkait pribadi Zhang yang misterius.

Menurut Bloomberg Billionaires Index, Zhang lahir pada tahun 1983 di provinsi Fujian di Cina. Bloomberg melaporkan bahwa orang tua Zhang bekerja sebagai pegawai negeri.

Baca juga: Warren Buffett. Guru Investasi Dan Salah Satu pengusaha Terkaya Di Dunia

Namanya didasarkan pada pepatah Cina tentang “mengejutkan semua orang dengan upaya pertama,” menurut South China Morning Post.

Ia diketahui telah menikah dengan kekasih masa kuliahnya di Universitas Nankai di Tianjin, China. Ia lulus dari kampus itu pada 2005. Di perguruan tinggi tersebut, semula ia mengambil jurusan mikroelektronik namun lalu pindah ke jurusan software engineering.

Menurut South China Morning Post, Zhang dan istrinya belum dikaruniai anak.

Karier

Pekerjaan pertama Zhang di luar perguruan tinggi adalah di startup pemesanan perjalanan digital bernama Kuxun. Zhang juga bekerja di Microsoft sebelum mendirikan ByteDance.

“Saya adalah salah satu karyawan pertama. Dan saya adalah seorang insinyur biasa pada awalnya, tetapi pada tahun kedua, saya bertanggung jawab atas sekitar 40 hingga 50 orang yang bertanggung jawab atas teknologi back-end dan tugas-tugas lain yang berkaitan dengan produk,” kata Zhang kepada karyawan ByteDance, seperti dikutip South China Morning Post.

Zhang menghargai pekerjaan itu karena mengajari dia keterampilan penjualan yang kemudian dia gunakan untuk mengembangkan ByteDance.

“Saya ingat bahwa pada akhir 2007, saya pergi untuk menemui klien dengan direktur penjualan. Pengalaman ini memberi tahu saya seperti apa penjualan yang baik. Ketika saya mendirikan Toutiao dan merekrut staf, contoh-contoh ini banyak membantu saya.”

hildailhamil@gmail.com'

Leave a Reply